Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Indonesia Negara Termacet Nomor 2 di Dunia

Berita Otomotif

Indonesia Negara Termacet Nomor 2 di Dunia

KIRKLAND - Indonesia berhasil menjadi negara termacet nomor dua di dunia versi INRIX 2017 Global Traffic Scorecard.

Hasil ini sama dengan yang diperoleh Indonesia pada 2016. Rata-rata, orang Indonesia menghabiskan waktunya di tengah kemacetan hingga 51 jam sepanjang 2017. Jumlah tersebut hanya selisih tipis dari Thailand yang menjadi negara termacet di dunia dengan rata-rata orang terjebak kemacetan mencapai 56 jam.

Di posisi ketiga ada Colombia yang pada tahun 2016 dengan rata-rata orang terjebak kemacetan selama 49 jam. Sementara di posisi keempat diisi oleh Venezuela dengan waktu rata-rata orang terjebak di kemacetan mencapai 42 jam.

Rusia dan Amerika Serikat harus berbagai posisi lima dan enam karena kedua kota tersebut memiliki waktu rata-rata orang terjebak kemacetan yang sama yaitu 41 jam. Brazil dan Afrika Selatan juga mengalami hal serupa dengan memiliki waktu rata-rata orang terjebak di kemacetan mencapai 36 jam serta menempati posisi tujuh dan delapan. Sedangkan di peringkat sembilan diisi oleh turki dengan 32 jam dan Inggris di posisi 10 dengan 31 jam.

Dr. Graham Cookson, Chief Economist, INRIX mengatakan bahwa kondisi kemacetan di dunia cukup mengkhawatirkan. Dia menilai kemacetan hanya menghambur-hamburkan uang senilai miliaran rupiah dan berdampak langsung pada perekonomian secara umum dan individu.

“Dengan meningkatkan pekerjaan yang fleksibel atau peningkatan investasi untuk jalan merupakan beberapa cara dalam mengatasi permasalahan ini. Namun, pemangku kebijakan transportasi harus tetap melakukan pengembangan termasuk penggunaan teknologi terbaru dalam transportasu agar dapat memperbaiki lalu lintas,” ungkapnya.

INRIX adalah konsultan yang bertempat di Kirkland, Amerika Serikat. Dalam analisis kali ini mereka melibatkan 1.360 kota dari 38 negara, termasuk Indonesia. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang