Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Inden Mazda CX-3 di Indonesia Setahun, tapi Banyak yang Tetap Tunggu!

Berita Otomotif

Inden Mazda CX-3 di Indonesia Setahun, tapi Banyak yang Tetap Tunggu!

JAKARTA – Inden Mazda CX-3 di Indonesia bukan cuma hitungan bulan. Tapi, kebanyakan pemesannya diklaim tetap mau menunggu.

Managing Director PT. Eurokars Motor Indonesia (EMI) Ricky Thio menyebut pihaknya kini memiliki back order (antrean pengiriman) Mazda sebanyak sekitar 1.600 unit saat ini. Lebih dari separuhnya dikontribusikan oleh Mazda CX-3 serta Mazda CX-5.

“Saya agak lupa angkanya, mungkin (CX-3) antara 600-800 unit, lah. CX-5 sekitar 400-500 unit. Sisanya yang lain-lain. Sebanyak 60-an persennya CX-3 dan CX-5,” ucap dia di sela-sela Mazda End Year Gathering 2022, Senin (12/12/2022) di Jakarta.

Mazda CX-3

Inden terlama dialami oleh para pemesan CX-3. Isu krisis suplai cip semikonduktor serta komponen global menjadi biang keladinya.

Tak tanggung-tanggung, masa tunggunya mencapai setahun.

“CX-3 setahun. CX-5 tiga sampai empat bulan,” jelas Ricky.

Meski demikian, konsumen-konsumen yang mengorder CX-3 digadang-gadang bersedia menunggu. Jumlah orang yang membatalkan pesanan digadang-gadang tak banyak.

“Pasti ada yang batal karena mungkin butuh mobil cepat dan butuh untuk operasional. Tapi, secara keseluruhan, yang batal itu tidak terlalu banyak, ya. Angka pastinya saya tidak ingat terlalu detail. Setiap bulan mungkin 20, 30, atau bisa 40 orang. Enggak massif. Ada yang batal, diisi lagi, batal, diisi yang lain lagi,” papar Ricky.

mobil-mobil Mazda di 2022 inden

Mazda sendiri, menurutnya, bagaimana pun tetap melakukan upaya untuk ‘menjaga’ para pemesan. Jenama asal Jepang ini rutin berkomunikasi dengan mereka.

“Kami punya tim customer service yang terus menginventarisasi nama-namanya siapa saja, lalu kami follow up. Kita bikin FIFO (first in first out/siapa pesan duluan, dapat duluan—Red) juga. Jangan sampai orang sudah lama, dapatnya belakangan. FIFO ini kami kerjakan terus,” pungkas Ricky.

Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan retail alias distribusi dari diler ke konsumen untuk merek Mazda mencapai 2.913 unit selama Januari-Oktober 2022.

Volume tersebut turun 5 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Penjualan wholesales atau pengiriman dari pabrikan ke diler, di sisi lain, mencapai 3.066 unit. Angkanya naik 2,5 persen yoy, dari sebelumnya 2.992 unit. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang