Hyundai Mulai Produksi Oksigen Medis Gratis di Indonesia

Berita Otomotif

Hyundai Mulai Produksi Oksigen Medis Gratis di Indonesia

JAKARTA – Hyundai mulai membuat oksigen medis untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Seremoni dimulainya produksi oksigen medis Hyundai Indonesia, menurut keterangan resmi, berlangsung pada Senin (30/8/2021) kemarin di area pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat.

Turut hadir dalam acara antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-Sung.

Luhut, dalam kata sambutannya, mengapresiasi Hyundai yang tak hanya serius membangun industri otomotif di Indonesia, tapi juga dalam membantu memulihkan kondisi pandemi.

“Sejak awal, Hyundai Motor dan Pemerintah Indonesia juga memiliki visi yang sama yaitu berkeinginan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Tentunya kami mengharapkan kerja sama dan kolaborasi yang erat ini dapat terjalin selamanya,” ucap dia.

Hyundai produksi oksigen medis

Sekadar mengingatkan, pada akhir Juli 2021 Hyundai mengumumkan pembangunan fasilitas pembuatan oksigen medis yang berlokasi di sekitar pabrik perakitan mobil terbaru mereka di Cikarang. Ditargetkan rampung dan mulai berproduksi dalam waktu satu bulan, pabrik oksigen medis Hyundai membutuhkan investasi sebesar 700 ribu dollar AS (Rp10,0 miliar, 1 dollar AS = 14.330,10).

Pabrik oksigen medis tersebut dapat menyuplai kurang-lebih 500 ton per tahun. Angka itu sama dengan kebutuhan untuk sekitar 2.400 pasien Covid-19 kritis setiap harinya.

Distribusinya akan dilakukan secara gratis dengan arahan dari Pemerintah Kota Bekasi serta beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat. Berbagai rumah sakit, keluarga di sekitar area pabrik juga menjadi sasaran penyaluran.

pabrik oksigen medis Hyundai

“Kehadiran Hyundai Motor di Indonesia lebih dari sekedar memproduksi kendaraan, namun juga untuk bekerja keras bersama semua pemangku kepentingan terkait, termasuk Pemerintah Indonesia, dalam memberikan yang terbaik bagi kepentingan masyarakat luas. Di mana hal ini sejalan dengan visi kami yaitu Progress for Humanity,” kata President of Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters YoungTack Lee.

Di samping membuat oksigen medis, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini juga menyumbangkan peralatan-peralatan medis yang mencakup 24 unit ventilator, 43 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi senilai USD 200 ribu (Rp2,86 miliar) ini mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar