Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hyundai Berharap Secepatnya Masuk 5 Besar Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Berita Otomotif

Hyundai Berharap Secepatnya Masuk 5 Besar Merek Mobil Terlaris di Indonesia

JAKARTA – Hyundai kini sudah mengekor lima merek mobil terlaris di Indonesia. Mereka berharap bisa menyalip dan masuk dalam daftar elite itu sesegera mungkin.

Hyundai menutup 2023 dengan menjadi merek mobil terlaris keenam di pasar otomotif Tanah Air. Jenama asal Korea Selatan itu naik dua peringkat ketimbang 2022.

Adapun penjualan retail Hyundai pada 2023 mencapai 35.736 unit, naik 18,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya (year on year). Penjualan Hyundai sendiri meroket terus dalam beberapa tahun belakangan, setelah prinsipal mereka membentuk PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) untuk mengurus bisnis di Indonesia sejak 2020.

“Pada 2020 penjualan retail kami masih sekitar 300 unit, lalu menjadi 3.000 unit pada 2021, 30 ribu unit pada 2022, dan 35 ribu unit pada 2023,” papar Chief Operating Officer HMID Fransiscus Soerjopranoto dalam Annual Media Gathering, Selasa (6/2/2024) di Jakarta.

Budi Nur Mukmin Hyundai

Chief Marketing Officer HMID Budi Nur Mukmin menilai bahwa keberhasilan mereka mencapai ranking enam di pasar otomotif Tanah Air adalah sebuah prestasi. Apalagi, itu dicapai hanya tiga tahun setelah HMID hadir.

“Pasar di Indonesia itu, kan, sangat keras, kompetitif, dan diisi begitu banyak merek,” tukasnya.

“Kami, kan, juga baru masuk pada 2020. Jadi, saya rasa tidak ada yang salah dengan pencapaian itu. Ini adalah sebuah prestasi,” lanjut Budi.

Sebagai gambaran, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa daftar lima besar merek mobil terlaris di Indonesia dikuasai oleh ‘pemain-pemain’ asal Jepang yakni Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi. Bersama-sama, mereka menguasai 81,2 persen pasar tahun lalu.

Tahun lalu, Hyundai di posisi keenam menggenggam pangsa pasar 3,6 persen. Penguasaan pasar mereka naik 0,6 persen jika dibandingkan pada 2022.

dealer Hyundai

Budi lalu mengungkapkan harapan Hyundai untuk bisa merangsek ke lima besar dalam jangka waktu yang tak terlalu lama.

Sayang, ia tidak menerangkan secara spesifik kapan hal itu ingin digapai.

“Saya enggak bisa bilang, misalnya, target kami sampai 2025-2026 berapa. Tapi, setidaknya, kami bisa berharap segera,” tandas mantan eksekutif Nissan di Indonesia tersebut.

Pada 2024 sendiri, menurut Budi, Hyundai mengincar kenaikan dari sisi volume penjualan plus pangsa pasar. Akan tetapi, ia merahasiakan angka-angka detailnya. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang