Honda Recall Jutaan Mobil Karena 3 Masalah Ini

Berita Otomotif

Honda Recall Jutaan Mobil Karena 3 Masalah Ini

DETROIT - Honda melakukan recall besar-besaran hingga jutaan unit mobil produksinya karena 3 masalah berikut ini.

Honda telah mengindentifikasi dan mengumumkan bahwa ada 1.4 juta unit terdampak recall di seluruh Amerika Serikat. 3 masalah utama yang menjadi penyebab perbaikan masal ini adalah pada drive shaft atau poros penggerak mudah patah, saklar power window mudah panas serta masalah pada software.

Permasalahan poros penggerak yang mudah patah telah ditelesik karena korosi. Dealer rujukan recall akan melakukan pengecekan drive shaft kiri-kanan dan akan langsung melakukan penggantian part jika diperlukan.

Berdasarkan penelitian, mobil terdampak recall dengan kasus drive shaft terkena korosi ini terjadi di 22 negara bagian. Dan tekait dengan penggunaan garam untuk membersihkan jalan pada musim dingin yang menjadi penyebab korosi. 

Mobil yang terdampak pada kasus ini totalnya mencapai 430 unit dan terdiri dari,

  • Honda Fit/Jazz buatan tahun 2007-2014
  • Honda Civic Hybrid buatan tahun 2012
  • Honda Accord buatan tahun 2013-2015
  • Honda Acura ILX buatan tahun 2013-2015

Suku cadang atau drive shaft pengganti hingga berita ini dibuat belum siap. Pemilik mobil baru akan mendapat pengumuman recall pada Februari 2021 dan akan diberitahukan jadwal perbaikan di dealer yang menjadi tempat rujukan perbaikan.

Honda Recall Jutaan Mobil Karena 3 Masalah Ini
Masalah berikutnya adalah switch power window yang mudah panas dan berpotensi terbakar. Kerusakan ini hanya terjadi pada Honda CR-V buatan tahun 2002-2006, total unit yang terdampak mencai 268 ribu.

Penyebab dari masalah ini sendiri adalah air dapat masuk ke jendela pengemudi yang terbuka dan menyebabkan terjadinya korsleting atau hubungan pendek. Akibat paling fatal dari kejadian ini adalah mobil bisa terbakar.

Honda sejatinya telah melakukan recall pada kasus ini pada 2012, namun disebut tidak berhasil. Honda sendiri melaporkan ada 16 kasus kebakaran karena masalah ini dan untungnya tidak sampai merenggut korban jiwa.

Honda memastikan akan melakukan recall untuk kasus ini pada akhir Januari 2021. Para pemilik CR-V tahun pembuatan yang terdampak diharapkan segera melaporkan pada dealer terdekat.

Masalah terakhir pada software terjadi pada 737 ribu unit dan 2 model disebutkan terdampak pada kerusakan ini, 

  • Honda Accord buatan tahun 2018-2020
  • Honda Insight buatan tahun 2019-2020

Cacat atau kerusakan software ini mempengaruhi fungsi kerja pada beberapa fitur. Mulai dari kamera belakang, signal belok dan wiper depan.

Untuk masalah ini Honda akan memberitahukan pemilik secara detail pada Januari 2021. Terutama menginformasikan jadwal pada masing-masing pemilik untuk melakukan perbaikan di dealer. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar