Honda Racing Simulator Championship Jaring Gamer Handal

Berita Otomotif

Honda Racing Simulator Championship Jaring Gamer Handal

JAKARTA – Honda Prodpect Motor (HPM) menggelar kejuaraan balap simulator yang melibatkan puluhan peserta.

Menggandeng HM Engineering sebagai penyelenggara, Honda Racing Simulator Championship (HRSC) dikatakan sebagai wujud komitmen HPM untuk mempopuerkan olahraga balap di Tanah Air. Kegiatan balap virtual ini juga diklaim sebagai yang pertama di Indonesia dan diselenggarakan oleh produsen mobil.

Balap virtual ini menggunakan simulator balap Rfactor 2. Perangkat lunak ini dikatakan salah satu simulator balap dengan grafis dan sensasi berkendara yang paling mendekati nyata. Sehingga setiap peserta akan merasakan setiap gerakan seperti aslinya. Untuk mendapatkan Rfactor 2, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dengan biaya Rp 150 ribu.

“Kejuaraan ini sejalan dengan semangat ‘Everyone Can Race’, agar semakin banyak orang yang dapat menikmati balapan, bukan hanya di lintasan balap namun dari rumah masing-masing. Ajang ini semakin tepat digelar dalam kondisi menuju normal baru, di mana masyarakat semakin terbiasa menggunakan platform digital sehari-hari,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing &Sales Director PT HPM.

Balapan sendiri menggunakan konsep One Make Race (OMR) dan setiap peserta menggunakan Honda Civic Type R Sport Version. Setiap peserta akan berlomba di enam seri di sirkuit virtual yakni Suzuka (Jepang), Sepang (Malaysia), Silverstone (Inggris), Interlagos (Brazil), Zaandvoort (Belanda), dan Estoril (Portugal).

Kejuaraan ini digelar terbuka untuk umum dan pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Juni hingga 4 Juli 2020 pukul 13.00 WIB. Adapun kompetisi sendiri akan mulai digelar pada 4 Juli hingga 29 Agustus 2020. Setiap serinya dapat disaksikan secara langsung melalui akun Youtube dan Facebook @hondaisme.

Pada tahap kualifikasi awal, dicari 60 peserta yang kemudian akan dimasukkan ke dalam dua kategori berbeda yakni Profesional dan Amateur, dengan jumlah masing-masing 30 peserta. Total hadiah yang disediakan oleh HPM sebesar Rp 65 juta dan akan diberikan pada lima orang terbaik dari masing-masing kelas.

Untuk kelas Profesional juara pertama akan mendapat hadiah sebesar Rp 20 juta, juara kedua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp 8 juta, juara keempat Rp 6.5 juta dan juara kelima Rp 5.5 juta.

Sementara juara pertama di kelas Amateur berhak mendapat hadiah Rp 5 juta, juara kedua Rp 4.5 juta dan juara ketiga Rp 3 juta, juara keempat Rp 2 juta dan juara kelima Rp 1 juta. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat mengunjungi laman resmi Honda Prospect Motor.

Pastinya untuk mengikuti kejuaraan ini, para peserta diwajibkan memiliki alat simulator, komputer dengan spesifikasi khusus dan tidak lain adalah koneksi internet yang stabil. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar