Honda Jazz 2020: Ini Daftar Fitur dan Keunggulan

Mobil Baru

Honda Jazz 2020: Ini Daftar Fitur dan Keunggulan

JAKARTA – Apakah Anda sedang menanti kedatangan all-new Honda Jazz 2020 yang memiliki berbagai fitur dan keunggulan? Kita tunggu saja pameran GIIAS 2020 atau Gaikindo Indonesia International Auto Show 2020.

Seharusnya pameran tersebut akan digelar pada Agustus 2020, namun karena pandemic coronavirus 2019 (COVID-19) membuat diundur pada Oktober mendatang.

Kenapa kami bilang tunggu di GIIAS 2020, karena itu akan menjadi satu-satunya pameran otomotif terakbar di Indonesia di sepanjang tahun ini sementara penyelenggara IIMS (Indonesia International Motor Show) telah menyatakan meniadakan pamerannya. Sehingga GIIAS 2020 diprediksi akan menjadi satu-satunya magnet otomotif.

Honda Jazz (di Jepang bernama Honda FIT) yang dijual di Indonesia saat ini merupakan generasi ketiga. Sementara generasi keempatnya telah dijual di beberapa negara seperti Jepang, Inggris. Generasi keempat Jazz sendiri diluncurkan di Tokyo Motor Show 2019.

Generasi perdana Jazz – diluncurkan pada 2001 – telah menentang persepsi banyak orang tentang mobil kecil (compact). Generasi I Jazz mengejutkan publik dengan mengenalkan konsep “man maximum, machine minimum” atau "maksimum manusia, minimum mesin". Ini merupakan pendekatan dasar desain mobil Honda, di mana fokus untuk memaksimalkan ruang yang tersedia bagi para penumpang dan meminimalkan ruang yang diperlukan untuk komponen mekanis sehingga akan meningkatkan efisiensi ruang kendaraan.

Jika Anda perhatikan, desain Jazz dengan atap lebih tinggi terlihat berbeda jika dibandingkan dengan beberapa kompeitornya Toyota Yaris, Mazda2, atau Suzuki Swift yang masih menampilkan gaya hatchback.

Sejak itu, model generasi kedua dan ketiga, diluncurkan pada 2007 dan 2013, terus berkembang sambil mempertahankan filosofi desain asli. 

Sementara mewarisi performa luar biasa yang dibangun oleh generasi-generasi sebelumnya dan fungsionalitas tinggi, termasuk kabin sangat luas dan utilitas mengesankan, melampaui apa yang orang-orang harapkan dari mobil compact, Jazz generasi keempat dikembangkan lagi sebagai model yang akan lebih lanjut memuaskan para pelanggannya.

Honda Motor menyodorkan beberapa keunggulan kenyamanan Honda Jazz generasi keempat:

  • Visibilitas yang lebih baik dibandingkan model-model sebelumnya. Model ini berpilar depan dengan struktur penampang yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya dan struktur yang memungkinkan energi tumbukan (tabrakan) mengalir ke badan kendaraan jika terjadi tabrakan. Pilar depan yang baru dirancang mewujudkan visibilitas frontal yang sangat luas dan unggul dibandingkan dengan model-model sebelumnya. Selain itu, panel instrumen menampilkan desain datar yang menekankan garis horizontal dan lurus, dan wiper kaca depan diposisikan untuk hampir tidak terlihat dari dalam kabin, yang juga meningkatkan pandangan nyaman saat mengemudi.
  • Kenyamanan duduk. Kursi-kursi depan Jazz menjadi model Honda pertama yang menampilkan kursi penstabil tubuh (body stabilizing seat) generasi baru yang dikembangkan oleh Honda. Struktur penopang planar dari kursi menstabilkan tubuh dan membuat berkendara lebih lama tidak melelahkan dan memungkinkan pengguna untuk menikmati perasaan lembut dari tempat duduk. Kursi belakang yang serba baru menampilkan pengaturan kursi serbaguna seperti yang dimiliki generasi-generasi sebelumnya. Honda menyatakan tingkat kenyamanan duduk para penumpang akan setara dengan model sedan kelas tinggi dengan mengadopsi bantalan kursi yang lebih besar dan lebih tebal – menawarkan kursi bebas stress bahkan untuk penumpang dewasa.
  • Kenyamanan berkendara. Dilengkapi dengan sistem 2-motor hybrid baru dari Honda yang lebih compact, all-new Honda Jazz akan digerakkan oleh satu motor listrik dengan lancar dan mulus untuk hampir semua situasi mengemudi sehari-hari. Lebih nyaman, kuat berakselerasi dan ramah lingkungan.
  • Kabin generasi keempat mempertahankan keluasan kabin generasi sebelumnya, sekaligus meningkatkan kegunaan yang mendukung mobilitas orang, termasuk tata letak area penyimpanan yang bebas stress bagi semua penumpang selama berkendara sehari-hari serta jarak jauh.

Selain keunggulan-keunggulan all-new Honda Jazz 2020 di atas, masih ada sederet fitur atau system keselamatan yang dimiliki. Generasi keempat Honda Jazz menjadi Jazz pertama yang dibekali dengan HONDA SENSING yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), False Start Prevention, False Backward Start Prevention, Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow, dan lain-lain.

Untuk pasar Eropa, Honda Motor melengkapinya dengan front center airbag system (system kantung-udara tengah depan). Posisi airbag ini pada kursi belakang pengendara dan akan mengembang dan berada di antara pengemudi dan penumpang depan. Teknologi ini dikembangkan untuk mencegah adanya benturan pengemudi dan penumpang di jok-jok baris depan.

All-new Honda Jazz 2020 dibekali dengan dua pilihan mesin bensin: 1.5L DOHC i-VTEC + 2-motor hybrid dengan transmisi electronic CVT; serta 1.3L DOHC i-VTEC bertransmisi CVT.

Mobil ini juga diperkaya oleh teknologi konekvitas canggih berupa aplikasi My Honda+ dan Honda Personal Assistant.

Aplikasi smartphone My Honda+ untuk menjaga pemilik tetap terhubung dengan mobil mereka dari jarak jauh. Aplikasi My Honda + menawarkan kontrol keamanan kendaraan, termasuk Remote Vehicle Lock dan Unlock mobil. Jika terjadi kerusakan kendaraan, fitur ‘Digital Roadside Assistance’ di My Honda+ memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan langsung ke penyedia roadside assistance.

Fitur infotainment dan konektivitas di Jazz dapat diaktifkan menggunakan perintah suara melalui Honda Personal Assistant yang intuitif, merupakan agen kecerdasan buatan (AI) yang memanfaatkan percakapan alami, berbasis instruksi cerdas, dan pemahaman kontekstual untuk mengakses berbagai layanan online.

Oiya, sebagai gambaran, harga Honda Jazz 2020 non-hybrid di Jepang dari 1,557,600 -  2,186,800 yen (Rp 213 juta - 300 juta).

Nah, kapan all-new Honda Jazz generasi keempat ini akan dijual di Indonesia? Kita tunggu saja.##



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

All-new Yaris 2020 Kian Canggih

Video
All-new Toyota Yaris 2020 semakin canggih. Salah satu teknologi atau fitur generasi keempat Yaris ini adalah bisa parkir sendiri. Harga Yaris 2020 ...

Komentar