Mobil Listrik Honda E Akhirnya Diluncurkan di Frankfurt Motor Show 2019

Mobil Baru

Mobil Listrik Honda E Akhirnya Diluncurkan di Frankfurt Motor Show 2019

FRANKFURT - Honda akhirnya meluncurkan mobil listrik bergaya retro Honda e dalam Franskfurt Motor Show 2019 yang berlangsung hingga 22 September mendatang.

Honda e yang meluncur dalam pameran otomotif tersebut merupakan versi produksi dari Honda e Concept. Versi purwarupanya sendiri menjalani debut global dalam Geneva Motor Show 2019, Maret silam.

Gaya desainnya setelah menjadi mobil produksi massal tetaplah retro. Honda e, menurut sang pabrikan melalui keterangan resmi pada akhir pekan ini, menggantikan peran spion kaca konvensional dengan Side Camera Mirror System.

Pada kedua sisinya ada kamera berukuran kecil yang terhubung langsung dengan layar berukuran 6 inchi di dalam dasbor. Ini diklaim sebagai penggunaan teknologi spion kamera pertama di segmen mobil compact.

Gagang pintu berbentuk pop-out alias baru menyembul muncul ketika pintu ingin dibuka. Hal itu membuat lekuk bodinya mengalir mulus.

Pada bagian interior, terlihat lima buah layar generasi terbaru terpampang di dasbor dan salah satunya adalah layar sentuh LCD selebar 12,3 inchi yang terhubung dengan sistem infotainment.

Ada dua tipe yang ditawarkan yakni Standard dan Advance. Perbedaan antara lain terdapat pada motor penggerak listrik yang menghasilkan tenaga berbeda yaitu 134hp bagi tipe pertama serta 151hp pada tipe kedua. Adapun torsi maksimal ialah 315 Nm.

Baterainya berkapasitas 35,5 kWh. Di perangkat fast charging, Honda e hanya butuh 30 menit untuk mencapai kapasitas daya baterai 80 persen.

Jarak tempuh mobil dalam kondisi baterai terisi penuh 220 km. Honda e mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8 detik.

Retro Tapi Canggih
Kecanggihan tak berhenti di gagang pop-out, spion berteknologi kamera, maupun banyaknya layar pada dasbor. Ada pula fitur Honda Personal Assistant, yaitu perintah suara dengan kecerdasan artifisial untuk mengakses aplikasi maupun layanan online pada layar di dasbor.

Honda Personal Assistant dapat diaktifkan dengan mengatakan, “OK Honda” diikuti dengan sebuah pertanyaan atau instruksi. Seiring waktu, Honda Personal Assistant juga dapat semakin mengenali suara dari setiap individu untuk memberikan respon yang lebih akurat.

Para pemilik Honda e juga dapat selalu terhubung dengan mobilnya melalui aplikasi smartphone My Honda+. Diluncurkan sejak tahun 2017, aplikasi tersebut telah mendapatkan berbagai pembaruan untuk menyediakan fungsi yang lebih banyak, meliputi laporan kondisi kedaraan, remote untuk mengatur fitur climate control, serta memonitor lokasi kendaraan.

Tambahan fungsi yang dikhususkan untuk kendaraan listrik juga telah ditambahkan, meliputi kontrol pengisian daya dan monitor terhadap sisa energi yang tersedia, serta dapat membantu mencari stasiun pengisian daya terdekat. Untuk meningkatkan keamanan, Honda e juga dapat diakses menggunakan kunci digital untuk mengunci dan membuka kunci kendaraan melalui aplikasi di smartphone. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support