Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda Luncurkan 2 Mobil Hybrid di Indonesia pada 2023! Ini Modelnya?

Berita Otomotif

Honda Luncurkan 2 Mobil Hybrid di Indonesia pada 2023! Ini Modelnya?

TANGERANG – Honda menyiapkan dua mobil hybrid untuk pasar Indonesia pada 2023. Dua-duanya bakal diimpor utuh dari luar negeri.

Setelah lama diam, Honda akhirnya membeberkan sedikit mengenai strategi elektrifikasi mereka di Tanah Air. Tahun depan, dua model hybrid pertama mereka dipastikan meluncur.

“Kami akan memperkenalkan dua model e:HEV di Indonesia pada 2023. Ini kemudian akan ditambah lagi dengan model-model e:HEV rakitan lokal,” ucap President Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Kotaro Shimizu dalam hari pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung pada 11-21 Agustus di Serpong, Tangerang.

e:HEV merupakan sebutan bagi seluruh varian hybrid dari lini produk Honda. Dalam GIIAS 2022, Honda memajang dua model yang menyandang teknologi tersebut yakni Honda CR-V e:HEV maupun Honda Accord e:HEV.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM Yusak Billy menerangkan unit CR-V e:HEV mereka bawa langsung dari Jepang. Adapun unit Accord e:HEV diimpor utuh dari Thailand.

Namun, dua model hybrid Honda yang direncanakan meluncur tahun depan belum tentu dua model tersebut.

“Kami hanya menunjukkan teknologi (lewat dua model itu). Belum tentu (CR-V e:HEV dan Accord e:HEV meluncur pada 2023),” pungkasnya meladeni pertanyaan Mobil123.com di sela-sela pameran.

Billy lanjut menjelaskan kalau dua model hybrid Honda yang dijadwalkan mengaspal pada 2023 belum dirakit lokal. Kedua model yang masih dirahasiakan ini bakal diimpor utuh terlebih dahulu.

“Tahun depannya barulah model e:HEV lainnya, berikut produksi lokalnya,” bongkar Billy.

Era mobil listrik memang telah hadir di Indonesia. Pemicunya adalah Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang menjadi payung hukum seluruh insentif fiskal serta non-fiskal bagi teknologi tersebut.

Pabrikan yang berinvestasi untuk melakukan perakitan lokal mobil listrik maupun konsumen yang membelinya sama-sama bakal mendapatkan insentif.

Salah satu contohnya ialah insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil mild hybrid, hybrid, plug-in hybrid (PHEV), mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), hingga mobil hidrogen (fuel cel/FCEV) mulai 16 Oktober 2021.

Honda global sendiri memiliki visi untuk menjual hanya mobil listrik dan mobil hidrogen pada 2040. Ini pun mesti diikuti oleh pasar Indonesia.

“Jalan untuk menuju ke situ ada 'jembatannya' untuk membuat konsumen lebih familiar mengenai elektrifikasi. Kami menganggap mobil hybrid adalah jembatannya. Jadi, kami akan memperkenalkan hybrid terlebih dahulu,” tegas Billy. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang