Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Honda: kalau Langsung Beralih ke Mobil Listrik, akan Banyak Pengangguran

Berita Otomotif

Honda: kalau Langsung Beralih ke Mobil Listrik, akan Banyak Pengangguran

JAKARTA – Honda mengungkapkan alasan pihaknya enggan langsung beralih ke mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) di Indonesia.

Senior Vice President PT. Honda Prospect Motor (HPM) Benawati Abas mengatakan kembali rencana meluncurkan mobil hybrid di Indonesia pada 2023. Teknologi tersebut akan menjadi ‘jembatan’ mereka sebelum finis di mobil listrik murni.

“Kalau seandainya kami dari Honda langsung ke BEV, maka banyak supplier (pemasok komponen) kami akan tutup dan banyak sekali pengangguran,” tukas dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Rabu (9/11/2022) kemarin di Gedung DPR RI, Jakarta yang juga tayang di YouTube.

pabrik mobil Honda Karawang, Jawa Barat, Indonesia

Honda sudah terjun di pasar Indonesia selama 20 tahun serta memiliki pabrik perakitan mobil di Karawang, Jawa Barat. Menurut Benawati, rantai suplai komponennya melibatkan total 180 supplier.

“Di dalamnya, ada 65 (supplier) yang menyangkut komponen-komponen untuk mesin. Kami perkirakan, untuk manpower (tenaga kerja), terdapat total 75 ribu orang termasuk di supplier,” papar dia.

Rencana Honda memperkenalkan mobil hybrid pada 2023 sudah dibeberkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11-21 Agustus 2022 di Serpong, Tangerang. Dalam pameran itu, mereka juga memamerkan Honda CR-V e:HEV plus Honda Accord e:HEV.

Honda Accord e:HEV dan Honda CR-V e:HEV

Pada 2023, ada dua model mobil hybrid impor utuh (completely built up/CBU) yang terlebih dahulu dijual. Business Innovation, Sales, and Marketing Director HPM Yusak Billy menyebut model-modelnya belum tentu yang dipamerkan di GIIAS 2022.

“Tahun depannya (2023) barulah model e:HEV lainnya, berikut produksi lokalnya,” beber Billy.

Para pabrikan kendaraan roda empat yang ‘bermain’ di negeri ini memang sudah mulai memasarkan atau bahkan memproduksi mobil listrik dari berbagai teknologi. Semua berkat program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) yang diinisiasi sejak 2019 dan berisikan berbagai insentif.

Hyundai, misalnya, meluncurkan dan merakit BEV Ioniq 5 mulai awal 2022. Wuling menjual dan memproduksi BEV Air EV pada Agustus 2022.

Mereka melanjutkan ‘serangan’ elektrifikasi dengan meluncurkan Wuling Almaz hybrid rakitan lokal pada November kemarin.

Toyota juga diduga siap meluncurkan Kijang Innova Zenix, mobil hybrid rakitan lokal pertama mereka, pada 21 November 2022. Secara total, saat ini, Toyota telah menjual 14 model mobil hybrid, plug-in hybrid (PHEV), sampai dengan BEV di Indonesia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru Honda <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang