Honda City di Malaysia Punya Honda Sensing, Kok di Indonesia Enggak Ada

Berita Otomotif

Honda City di Malaysia Punya Honda Sensing, Kok di Indonesia Enggak Ada

KUALA LUMPUR  - Honda Malaysia baru saja menambahkan satu varian baru untuk City, yaitu 1.5L V Sensing. Menariknya varian baru ini telah dibekali dengan fitur keselamatan canggih milik Honda, yakni Honda Sensing.

Honda City 1.5L V Sensing merupakan varian kedua setelah City RS e:HEV yang ditawarkan dengan Honda Sensing. 

“Keselamatan adalah prioritas utama Honda dan City selalu menjadi yang terdepan dalam menawarkan fitur keselamatan bagi pengemudi dan penumpang dengan menggunakan teknologi canggih," ungkap Managing Director and Chief Executive Officer Honda Malaysia Madoka Chujo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/11/2021).

Honda Sensing yang tersemat di varian City 1.5L V Sensing mencakup tujuh fitur keselamatan canggih. Berikut ini daftarnya:

  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Lane Keep Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Auto High Beam (AHB)

All New Honda City

Di luar dari itu semua, City varian terbaru juga sudah dibekali fitur keselamatan standar, seperti enam airbag, Isofix, Rear Seat Belt Reminder, Vehicle Stability Assist (VSA), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Assist (HSA) dan lainnya.

Honda turut menyematkan layar Thin Film Transistor (TFT) 7 inci yang memberikan kemudahan akses informasi kendaraan bagi pengemudi saat berkendara. Fitur satu ini, menjadi pembeda utama antara City 1.5L V dengan 1.5L V Sensing, selain Honda Sensing.

Meskipun terdapat penambahan dari sektor fitur keselamatan dan layar MID (Multi Information Display), Honda City 1.5L V Sensing masih mengadopsi desain eksterior, interior, dan mesin yang sama seperti varian di bawahnya. 

Dari segi eksterior, mobil sedan andalan Honda ini tampil memukau berkat penyematan LED pada Headlights, Daytime Running Lights (DRL), Fog Lights, dan Taillights. Ada pula satu set pelek berukuran 16 inci.

Sementara kabinnya menampilkan jok kulit, head unit layar sentuh 8 inci, Paddle Shift, cruise control, dan masih banyak lagi. 

Interior All New Honda City

Di bawah kap, terpasang mesin 1.5L DOHC i–VTEC yang dipadukan dengan transmisi otomatis jenis CVT. Mesinnya diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 119 hp dan torsi puncak 145 Nm.

Honda City 1.5L V Sensing dibanderol dengan harga 90.212 ringgit Malaysia atau setara Rp309 jutaan.

Honda City Sedan di Indonesia Belum Punya Honda Sensing

PT Honda Prospect Motor (HPM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda akhir bulan lalu baru saja meluncurkan All New City untuk pasar Indonesia. Generasi kelima dari City ini membawa sejumlah pembaruan di sektor ekterior, interior, hingga fitur.

Sayangnya, HPM tidak menawarkan All New City dengan teknologi Honda Sensing. Yusak Billy Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengungkapkan bahwa, sebelum menyematkan Honda Sensing penting bagi pihaknya untuk mengetahui terlebih dahulu apakah fitur keselamatan itu sesuai dengan target market, bisa diterima, dan lain-lain. 

"Banyak hal yang perlu kami pelajari sebelum benar-benar menyematkan fitur ini. Mungkin ke depannya tidak menutup kemungkinan kami akan menyematkannya. Saat ini kami terus mempelajari detailnya," tutur Billy.

Untuk diketahui, All New City menawarkan desain bodi yang semakin elegan dan dilengakapi berbagai fitur terkini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pengemudi maupun penumpang. 

All New Honda City punya 3 pilihan warna body, yaitu Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Crystal Black Pearl.

Sedan yang dibawa utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Thailand ini dijual dengan harga Rp355 juta on the road Jakarta. [Ses]




Berita Utama


Komentar