Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Hasil Tes Revvo 89 Dipublikasikan, RON-nya Lebih Tinggi dari Pertalite!

Berita Otomotif

Hasil Tes Revvo 89 Dipublikasikan, RON-nya Lebih Tinggi dari Pertalite!

JAKARTA – Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mengunggah hasil tes yang menunjukkan Research Octane Number (RON) Revvo 89 lebih tinggi dari Pertalite.

Hasil tes Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut diunggah oleh anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto di akun Twitternya pada 29 Oktober 2022 kemarin.

Foto yang terpampang menunjukkan kalau RON Revvo 89 adalah 90,7. Sementara itu, RON Pertalite 90,3.

SPBU Vivo

Seperti diketahui, Revvo 89 merupakan produk bahan bakar minyak (BBM) dari Vivo. RON tersebut lebih tinggi dari standar minimal yang dijanjikan yaitu 89.

Pertalite, di sisi lain, adalah produk BBM milik Pertamina yang disubsidi oleh pemerintah. Kualitas minimal yang dijanjikan mencapai RON 90.

Mulyanto tak lupa menerangkan secara singkat catatan analisis data, dalam unggahan tersebut. Pertama, ia menyebut kandungan Pb masih ada, baik pada Revvo 89 maupun Pertalite.

“Pengukuran RON Revvo 89 cukup baik, bahkan sedikit di atas 90,” lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa parameter-parameter lain yang dites secara umum masuk dalam standar. Dari data yang diriset, tidak ditemukan indikasi penyimpangan.

“Secara umum, dalam pengujian ini tidak ditemukan indikasi penyebab Pertalite boros atau akselerasinya lamban,” tukas Mulyanto.

“Untuk pengujian lebih lanjut, perlu dilakukan uji performa. Namun, untuk keperluan kita, maka cukup dengan uji ini. Demikian, itu yang bisa kami lakukan,” sambungnya.

Pertalite di SPBU Pertamina

Beberapa waktu belakangan, khususnya setelah kenaikan harga BBM Subsidi pada 3 September 2022, masyarakat memang kritis menyorot performa serta kualitas Pertalite. Sebagian dari mereka menduga kualitasnya sudah menurun.

Ini dipicu oleh testimoni sebagai pengguna Pertalite yang menilai konsumsi BBM kendaraan mereka menjadi lebih boros. Ada pula yang mengaku akselerasi kendaraan menjadi lebih pelan.

Pertamina, dalam keterangan resmi, telah mengatakan bahwa kualitas Pertalite sudah sesuai dengan aturan. Pemerintah pun akhirnya turun tangan menguji sampel BBM yang diambil dari beberapa SPBU secara acak.

Hasilnya, RON Pertalite sejauh ini selalu berjumlah 90 atau lebih.

Bagaimana menurut Mobilovers mengenai hasil tes antara Revvo 89 vs Pertalite? [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang