Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Harga Honda City Hatchback Jadi Rp300 Jutaan Sejak Diskon PPnBM Berkurang

Berita Otomotif

Harga Honda City Hatchback Jadi Rp300 Jutaan Sejak Diskon PPnBM Berkurang

JAKARTA – Harga Honda City hatchback sudah keluar dari ‘harga psikologis’ Rp200 jutaan pada masa diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 25 persen.

Sekadar menginformasikan, City hatchback termasuk satu dari 20-an model yang berhak mendapatkan insentif PPnBM dari pemerintah sejak Maret 2021.

Soalnya, suksesor Honda Jazz tersebut sudah dirakit di dalam negeri dengan penggunaan komponen lokal minimal 60 persen.

Honda City hatchback RS

Untuk mobil-mobil berkapasitas 1.500 cc, stimulus untuk mendorong daya beli pasar otomotif ini dimulai dengan insentif PPnBM 100 persen pada Maret-Agustus kemarin. Selanjutnya, per September sampai Desember, insentif dikurangi menjadi hanya 25 persen dari tarif PPnBM normal.

Ini tentunya berdampak pada kenaikan harga City hatchback, model yang meluncur perdana di Indonesia sejak bulan ketiga 2021.

Daftar Harga Honda City Hatchback September 2021

Berdasarkan keterangan dari para eksekutif pabrikan otomotif dalam berbagai kesempatan, ‘harga psikologis’ yang masih dianggap sebagai mobil murah untuk pasar Indonesia saat ini adalah Rp200 jutaan.

Ketika baru mengaspal, Honda City hatchback yang langsung menikmati diskon PPnBM 100 persen ada pada rentang harga itu. Tepatnya mulai dari Rp289 juta.

Akan tetapi, per September tipe terendahnya terpantau naik menjadi sedikit di atas Rp300 juta.

Honda City hatchback RS

City hatchback sendiri sejauh ini hanya terdiri dari satu varian dan dua tipe (transmisi manual enam percepatan dan otomatis CVT).

Berikut daftar harga on the road (OTR) Jakarta City hatchback, seperti dikutip dari situs resmi Honda Indonesia. Dijabarkan pula besaran kenaikan harga per tipe, menilik dari catatan Mobil123.com mengenai detail harga sebelumnya:

  • RS MT dari Rp289 juta jadi Rp307 juta (naik Rp18 Juta)
  • RS CVT Rp299 juta jadi Rp317 juta  (naik Rp18 juta)

Saat ini, industri otomotif melalui Kementerian Perindustrian sedang mengajukan perpanjangan diskon PPnBM 100 persen sampai akhir 2021. Jika nantinya dikabulkan, harga City hatchback pun dapat kembali turun seperti ketika baru mengaspal.

Honda City hatchback menggoda konsumen Indonesia dengan desain sporty dan fitur-fitur canggih, seperti Remote Start Engine, head unit 8 inci dengan konektivitas smartphone, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Parking Sensor, Brake Override Assist, serta sistem pengereman ABS+EBD+BA.

Dapur pacu bersenjatakan mesin 1.5-liter I-VTEC, DOHC, empat silinder berdaya 119 hp di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang