Harga Hatchback Bekas Legenda Reli Dunia ini Setara 50 Unit Yaris Cakil

Berita Otomotif

Harga Hatchback Bekas Legenda Reli Dunia ini Setara 50 Unit Yaris Cakil

JAKARTA - Lancia Delta S4 Integrale buatan 1985 yang merupakan legenda balap reli dunia ini dibanderol setara dengan 50 unit Toyota Yaris generasi terbaru varian tertinggi.

Bagi penggemar balap reli pastinya tidak asing dengan Lancia Delta S4 Integrale. Sepak terjang dari mobil buatan pabrikan Italia ini cukup disegani di era 1980-an.
 
Mobil ini masuk dalam kategori Grup B dan berkompetisi di kejuaran reli dunia pada 1985-1986. Sampai kemudian Grup B dibubarkan karena alasan keselamatan, dan memang di ajang balap, kelas ini menjadi yang paling liar dengan peraturan seadanya.

Grup B yang sejatinya adalah kelas sportscar modifikasi pada ajang reli dunia WRC. Peserta hanya punya beberapa aturan wajib yang jujur saja agak longgar, bebas dan berbahaya.

Harga Bekas Hatchback Legendaris ini Setara 50 Unit Yaris Cakil
Reli Grup B akhirnya dibubarkan pada 1986 karena ada kecelakaan yang merenggut nyawa pereli ternama Henri Toivonen dan navigatornya Sergio Cresto di ajang reli Tour de Corse, Perancis. Mereka mengendarai Lancia Delta S4 Integrale yang hancur lebur karena kecelakaan hebat, terperosok ke jurang dan kemudian meledak. 

Lancia Delta S4 Integrale kemudian dipensiunkan karena dilarang untuk mengikuti kejuaraan balap. Dan kemudian mobil ini menjadi langka serta sekarang menjadi salah satu buruan para kolektor mobil dunia.

Mobil ini sendiri dibangun di atas rangka sasis tubular. Posisi mesin diletakkan di tengah untuk mendapatkan distribusi bobot terbaik. 

Sumber tenaga dari Lancia Delta S4 Integrale adalah mesin 4 silinder bertenaga 250 hp dan dipadukan dengan transmisi manual. Mobil ini bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6 detik dengan kecepatan puncak 225 km/jam.

Harga Bekas Hatchback Legendaris ini Setara 50 Unit Yaris Cakil
Salah satu Lancia Delta S4 Integrale yang tersisa dimiliki oleh sebuah dealer mobil bekas di Spanyol. Hatchback legendaris ini masih dalam kondisi terawat. Baru digunakan sekitar 12 ribu km dan selama 10 tahun terakhir tidak digunakan sama sekali, tersimpan di tempat terbaik serta terawat.

Mobil ini juga dilengkapi beberapa dokumen yang merupakan bagian dari sejarahnya dan menambah nilai bagi kolektor. Di antaranya adalah dokumen di mana mobil ini pernah beberapa kali ikut reli Grup B berikut dengan data-data rekam jejak servisnya.

Harga Bekas Hatchback Legendaris ini Setara 50 Unit Yaris Cakil
Jika Anda berminat, mobil ini ditawarkan dengan harga 850 ribu euro atau sekitar Rp 14.8 miliar. Harga ini setara dengan hampir 50 unit hatchback yang baru diluncurkan yakni Toyota Yaris generasi terbaru varian tertinggi yang dibanderol Rp 301.4 juta.

Mobil123 sendiri senang menyebut Yaris generasi terbaru sebagai Yaris Cakil setelah sebelumnya hatchback ini dijuluki Bakpau, Lele dan Joker. Nama Cakil sendiri terinspirasi dari bentuk lengkungan bemper depan di atas foglamp yang tinggi lancip, dari beberapa sudut tampak seperti gigi taring Buto Cakil, seorang raksasa di dunia pewayangan. Bagaimana menurut Anda?. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Xpander Edisi Khusus yang Makin Greget

Video
Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia meluncurkan Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockfort Fosgate Black Edition yang tampil lebih ...

Komentar