Harga Datsun Cross akan Tantang Suzuki Ignis

Berita Otomotif

Harga Datsun Cross akan Tantang Suzuki Ignis

JAKARTA – Datsun Cross akhirnya diumumkan untuk melakukan debut pertamanya di dunia pada tanggal 18 Januari 2018.

Datsun Cross merupakan model (compact) crossover pertama Datsun di Indonesia. Model ini akan menemani Datsun GO dan Datsun GO+ Panca. Dua mobil pendahulunya tersebut masuk dalam kategori LCGC (Low Cost & Green Car). Datsun GO merupakan hatchback, sementara Datsun GO+ Panca didesain sebagai MPV 7-seater.

Kami mendapat informasi dari beberapa wiraniaga harga Datsun Cross sekitar Rp 150 juta, artinya secara harga bertemu dengan crossover Suzuki Ignis (dari Rp 141,5 juta) yang diluncurkan sejak 2017. Bersinggungannya harga mereka maka tidak akan menutup kemungkinan Datsun Cross akan lebih menarik.

Menariknya, mobil ini memiliki keunggulan dari jumlah kapasitas penumpang. Berdasarkan tenaga penjual yang kami hubungi, mobil tersebut akan hadir sebagai mobil 7-penumpang dan memiliki dimensi lebih panjang dibanding Datsun Go+ Panca. Dengan demikian, diharapkan kenyamanan berkendara khususnya pada baris ketiga menjadi lebih nyaman.

Selain desainnya yang baru, Datsun Cross juga disebut-sebut akan memiliki transmisi otomatis berteknologi CVT. Dengan demikian artinya Datsun memenuhi harapan para konsumennya yang mengharapkan mobil bertransmisi otomatis, meski memang terbilang sudah terlambat.

Kabarnya mesinnya akan sama dengan Datsun GO dan Datsun GO+ Panca, 1,200 cc bertorsi 104 Nm dan bertenaga 68 hp.

Datsun sebelumnya hanya memiliki dua pilihan model yaitu Datsun Go Panca dan Datsun Go+ Panca. Keduanya tidak diberikan transmisi otomatis meski permintaan untuk tipe tersebut terbilang tinggi, khususnya di wilayah perkotaan.

Penjualan Datsun sendiri mulai menurun ketika Toyota dan Daihatsu mulai meluncurkan LCGC 7-seater mereka yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Dengan kedua mobil tersebut menawarkan sejumlah pilihan menarik termasuk adanya transmisi otomatis yang tidak ditawarkan Datsun.

Dengan kehadiran Datsun Go Cross yang diklaim memiliki kapasitas 7-seater ditambah harga bersaing, maka bukan tidak mungkin mobil tersebut akan menjadi penyelamat baru bagi Datsun di Indonesia. Kehadirannya di bulan Januari, diharapkan menjadi angin segar Datsun Indonesia di awal tahun 2018. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual