Hadapi Arus Mudik, Jokowi Resmikan Tol Cipali

Berita Otomotif

Hadapi Arus Mudik, Jokowi Resmikan Tol Cipali

CIKOPO – Setelah sebelumnya meresmikan rual tol Gempol-Pandaan, Presiden Joko Widodo kembali meresmikan pengoperasian jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Jalan tol yang diharapkan mampu mengurangi kepadatan yang terjadi di jalur Pantura khususnya pada aurs mudik yang akan datang ini membentang sepanjang 116,75 km dan melintasi 5 Kabupaten. Jarak ini berhasil menjadikan Tol Cipali menjadi salah satu tol terpanjang di Indonesia. 

"Saya beri apresiasi yang besar terhadap pelaksana jalan tol ini karena saya minta sebelum lebaran selesai ternyata sebelum puasa sudah jadi. Saya ikuti perkembangannya jangan kira kalau saya sudah perintahkan saya lupa, saya ikuti terus perkembangannya,” ungkap Jokowi.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam laporannya mengatakan, jalan tol Cipali ini  dibiayai dengan skema private publik partnership kerjasama pemerintah swasta yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorong pengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat.

Nilai invetasi  tol ini adalah sebesar Rp. 13,779 Triliun. Sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR, setelah peresmian, jalan tol ini akan dibuka untuk sosialisasi tanpa tarif selama minimum 7 hari dan diperuntukkan bagi kendaraan golongan I. “Jarak terjauh tarif tol Cikopo – Palimanan untuk kendaraan golongan I adalah Rp 96 ribu,” tutur Basuki. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual