GM Protes Kebijakan Trump Terkait Tarif Baru Mobil Impor

Berita Otomotif

GM Protes Kebijakan Trump Terkait Tarif Baru Mobil Impor

CALIFORNIA - General Motors mengatakan bahwa tarif untuk menekan mobil impor yang diberlakukan oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dapat mengakibatkan PHK besar-besaran.

GM berpendapat bahwa dengan kebijakan tersebut maka akan membuat harga mobil menjadi kurang sehat dan sulit bersaing. Hal ini karena biaya produksi kendaraan akan meningkat dan konsumen harus membayar lebih mahal.

“Kebijakan ini membuat hambatan dan membuat biaya produksi kendaraan secara global meningkat serta meningkatkan biaya produksi global meningkat karena tidak bisa memproduksi kendaraan di negara dengan upah buruh lebih murah,” ungkap Commerce Department, General Motors.

Bulan lalu, Trump memerintahkan untuk melakukan penyelidikan apakah kendaraan impor dan komponen impor menimbulkan risiko keamanan nasional. Selain itu, Ia juga menyerukan untuk meningkatkan tarif impor sebesar 25 persen ditambah dengan biaya baru untuk baja dan alumunium.

Kebijakan ini pun mendapat beragam protes. Toyota dan Mazda adalah dua brand otomotif pertama yang mengeluhkan kebijakan ini. Keduanya berpendapat bahwa kebijakan tersebut justru dapat mematikan industri otomotif di Amerika Serikat.

Michelle Krebs, seorang analis industri otomotif Amerika Serikat juga memiliki pandangan serupa. Ia melijat bahwa perang dagang ini dapat merugikan konsumen.

“Jika ada perang dagang besar-besaran, maka akan sangat sulit bagi industri otomotif dan konsumen. Konsumen sudah harus menghadapi bunga dalam kredit sementara harga kebutuhan rata-rata naik. Bila terjadi penambahan tarif, maka menurut saya banyak orang yang tidak akan membeli mobil baru,” pungkasnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support