General Motors Untung Besar

Berita Otomotif

General Motors Untung Besar

DETROIT - Meski ekonomi dunia tengah mengalami perlambatan, hal itu ternyata tidak menyurutkan hasil pendapatan General Motors (GM). Raksasa otomotif Amerika Serikat itu sukses meraup untung.

General Motors Co. hari ini mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang kuat pada kuartal kedua dengan nilai laba bersih untuk pemegang saham biasa senilai $1,1 milliar, atau $0,67 per lembar saham yang di dalamya mencakup nilai kerugian sebelum pajak dari item khusus sebesar $1,1 milliar, atau US$(0,62) per lembar saham. 

Pendapatan sebelum Bunga dan Pajak yang disesuaikan EBIT meningkat menjadi US$2,9 milliar dan marjin Pendapatan Sebelum Bunga dan Pajak yang disesuaikan juga meningkat menjadi 7,5 persen.

“Dua kuartal pertama tahun ini menunjukkan penguatan karena kita memanfaatkan industri Amerika Utara yang kuat dan mempertahankan penjualan kami di Cina, meskipun menghadapi tantangan pasar," kata CEO GM, Mary Barra. 

"Kami menyatakan bahwa target kami adalah untuk meningkatkan pendapatan dan marjin kami tahun ini, dan kami masih sesuai target. Sejalan dengan hal ini, kami percaya bahwa hasil kami pada paruh kedua tahun ini akan lebih baik dari semester pertama, dan kami yakin kami akan memenuhi target kami untuk tahun 2016."

Hal-hal khusus sebelum pajak pada kuartal ini mencakup US$0,6 miliar terkait dengan devaluasi mata uang yang diumumkan sebelumnya di Venezuela, sejumlah US$0,4 miliar penurunan nilai aset terutama di GM Thailand, dan US$0,1 miliar untuk penyesuaian estimasi biaya untuk program kompensasi ”ignition switch”.

Pendapatan bersih pada kuartal kedua 2015 adalah US$38,2 miliar, menurun dibandingkan dengan US$39,6 miliar pada kuartal kedua 2014. 

Perubahan pendapatan lebih dikaitkan ke dampak pertukaran mata uang asing yang negatif. Jika tanpa perubahan nilai tukar, pendapatan bersih dapat mencapai $0,9 miliar lebih tinggi dari kuartal kedua tahun 2014.

"Rencana kami membuahkan hasil dan menghasilkan momentum bagi kami," kata Chuck Stevens, vice president dan chief financial officer. 

"Rekor marjin di Amerika Utara dan marjin positif yang kuat di Cina di kuartal kedua menunjukkan pendapatan perusahaan yang kuat. Kami berusaha untuk melanjutkan kinerja yang kuat ini di pasar-pasar utama."

Hasil segmen EBIT yang disesuaikan 

•    GM Amerika Utara melaporkan EBIT yang disesuaikan sebanyak $2,8 miliar dengan marjin sebesar 10,5 persen. Hasil ini termasuk dari dampak $0,2 miliar untuk biaya restrukturisasi. Hal ini dibandingkan dengan EBIT yang disesuaikan pada kuartal kedua 2014 sebesar $1,4 miliar, yang termasuk dampak terkait biaya recall sebesar $ 1,0 miliar.
•    GM Eropa melaporkan EBIT yang disesuaikan sebanyak $(0,0) miliar. Hal ini berbanding dengan EBIT yang disesuaikan sebanyak $(0,3) miliar pada kuartal kedua 2014, dan termasuk $0,2 miliar untuk biaya restrukturisasi.
•    GM International Operations melaporkan EBIT yang disesuaikan dari $0,3 miliar, dibandingkan dengan $0,3 miliar pada kuartal kedua 2014. Hasil termasuk equity income dari China  sebesar $0,5 miliar, yang menghasilkan 10,2 persen marjin laba bersih.
•    GM Amerika Selatan melaporkan EBIT yang disesuaikan $(0,1) miliar, dibandingkan dengan EBIT yang disesuaikan dari $(0,1) miliar pada kuartal kedua 2014.
•    Laba GM Keuangan sebelum pajak untuk kuartal kedua 2015 adalah $0,2 miliar, dibandingkan dengan $0,3 miliar pada kuartal kedua 2014.

Arus Kas (Cash Flow), Pengembalian Modal (Capital Return), Likuiditas (Liquidity)

Pada kuartal kedua, arus kas otomotif dari aktivitas operasional , yakni $5,1 miliar, meningkat dari $3,6 miliar, dan arus kas bebas otomotif yang disesuaikan $3,3 miliar, naik dari $1,9 miliar di tahun lalu.

Year-to-Date sampai 21 Juli, GM telah mengembalikan lebih dari $3,1 miliar dari kas kepada pemegang saham melalui pembelian kembali saham sebanyak $2,1 miliar dan dividen sebesar $1,1 miliar.

GM mengakhiri kuartal ini dengan total likuiditas otomotif yang kuat sebesar $34,9 miliar. Kas otomotif dan surat berharga sebesar $22,8 miliar dibandingkan dengan $25,2 miliar pada akhir tahun 2014. [Syu/Idr]

 

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support