Langkah General Motors untuk Menjadi Penguasa Otomotif

Berita Otomotif

Langkah General Motors untuk Menjadi Penguasa Otomotif

DETROIT - Untuk menjadi pemimpin pasar di dunia otomotif secara global, diperlukan strategi jitu untuk mencapainya. Untuk itulah CEO General Motors (GM), Mary Barra, menyatakan bahwa pihaknya akan menjadikan para konsumen sebagai fokus utama perusahaan untuk menjadi perusahaan otomotif paling berharga bagi para investor.

“Strategi kami adalah jalan untuk mendapatkan konsumen-konsumen seumur hidup dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham dalam prosesnya. Setiap kesempatan untuk berhubungan dengan konsumen adalah kesempatan untuk membuat hubungan yang lebih baik,” ungkap Barra.

Untuk mencapainya, ada beberapa hal yang akan menjadi fokus GM untuk meningkatkan penjualan 9 hingga 10 persen dalam 1 dekade mendatang.

Dan berikut ini adalah fokus utama GM:

1. Menjadi pemimpin di bidang Produk dan Teknologi: pada tahun 2015, sekitar 27 persen dari penjualan global GM datang dari produk baru atau produk yang sudah diperbarui dalam 18 bulan. Angka tersebut diperkirakan akan naik hingga 38 persen pada tahun 2016 dan 2017, dan mencapai 47 persen pada tahun 2019.

Di waktu yang sama, GM juga berencana untuk melepas 4G LTE high-speed mobile broadband ke pasar dunia, mengenalkan fitur konektivitas antar-kendaraan pada Cadillac CTS 2017 dan meluncurkan teknologi Super Cruise, sebuah teknologi yang memungkinkan pengendara berkendara tanpa harus memegang kemudi dalam waktu yang lebih lama.

GM juga telah mengembangkan Mixed Material Body Structure, sebuah teknologi pengelasan yang menggabungkan antara baja dan alumumium stamping, castings dan extrusion untuk menjadikan kendaraan menjadi lebih ringan, menurunkan penggunakan komponen hingga 20 persen, tingkat kekakuan lebih baik dan mengurangi secara signifikan kebisingan dan getaran.

2. Mengembangkan Cadillac: GM membangun brand andalannya ini sebagai unit bisnis terpisah. Cadillac berkantor pusat di New York dengan tujuan agar lebih fokus dan meningkatkan peluang pertumbuhan di pasar mobil mewah. Cadilac pun berharap dapat memperkenalkan 4 kendaraan baru di Amerika Utara pada tahun 2015. Selain itu Cadilac pun berencana untuk memperkenalkan 9 model baru di Cina dalam waktu 5 tahun mendatang dan berharap bahwa negeri Tirai Bambu menjadi pasar terbesar untuk mobil mewah dalam dekade ini.

3. Melanjutkan pertumbuhan pasar di China: Perusahaan gabungan GM di China berencana untuk menginvestasikan dana sebesar US$ 14 miliar dari tahun 2014 hingga 2018 untuk membuat 5 pabrik baru dan dapat membantu penjualan hinggga 5 juta kendaraan per tahun. Dalam rentang waktu yang sama, GM juga berharap dapat membangun 60 kendaraan baru termasuk 9 mobil sport baru.

4. Melanjutkan pertumbuhan keuangan GM: Aset GM telah berkembang dari US$ 8,7 miliar pada tahun 2010 menjadi $ 37 miliar saat ini. Dan investasi akan terus berlanjut untuk meningkatkan penjualan mobil, truk dan crossover GM di seluruh dunia. Peningkatan tajam dari keuangan GM berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Amerika Utara dan Eropa. Dan tahun ini, GM ingin memperkuat posisinya di pasar Cina.

5. Meningkatkan Efisiensi Dalam Operasinya: GM berencana untuk meningkatkan hubungannya dengan supplier, yang bisa membuat jumlah mobil secara global namun dengan biaya material lebih murah.

Sementara itu, untuk tujuan jangka pendek, GM pun akan fokus ke dalam beberapa hal:

  • Di Amerika Utara, GM berharap dapat mencapai margin keuntungan hingga 10 persen di tahun 2016
  • Di Amerika Utara, GM berharap dapat mengalami peningkatan hingga 10 persen di tahun 2016
  • Di Eropa, GM berharap dapat tetap stabil di Eropa
  • Di Cina, perusahaan gabungan GM dengan Cina akan mencoba untuk mendapatkan masukan hingga 10 persen
  • Di Amerika Selatan, GM juga akan terus melakukan peluncuran produk-produk baru dan optimalisasi dari material dan logistik
  • GM akan melanjutkan tantangan International Operations diluar Cina, termasuk brand Strategy, struktur biaya dan sumber daya untuk mendapatkan profit yang stabil
  • GM bermaksud untuk meningkatkan kelebihan arus kas kepada para pemegang saham terutama melalui pertumbuhan deviden dan perfoma keuangan meningkat


Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual