Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Generasi Kedua Daihatsu Terios Sudah 5 Tahun Dijual, Tak Kelamaan?

Berita Otomotif

Generasi Kedua Daihatsu Terios Sudah 5 Tahun Dijual, Tak Kelamaan?

BANDUNG – Daihatsu Terios generasi kedua sudah bertahan di pasar Indonesia sekitar lima tahun. Butuh berapa tahun lagi sebelum berganti generasi?

Domestic Marketing Division Head PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Rudy Ardiman mengatakan riset dan pengembangan semua model mereka perlu menjalani beragam fase. Ini berlaku bagi penyegaran model yang bersifat minor maupun yang menyeluruh.

Terios pun tak terkecuali.

“Kami jajaki dengan survei, kami dapatkan dulu pendapat dari sudut pandang kami. Kami pelajari, terus kami hitung, terus (mempelajari) bagaimana cara kami mengimplementasikannya ke kendaraan baik itu dari full model change, minor model change, atau pun improvement,” papar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com di sela-sela acara ‘Kumpul Sahabat Jabar’, awal Oktober 2022 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

Sekadar mengingatkan, Terios merupakan salah satu hasil kolaborasi antara Daihatsu dengan Toyota di Indonesia. Tak heran, sport utility vehicle (SUV) ini pun punya ‘kembaran’ bernama Toyota Rush.

Terios generasi pertama meluncur di Tanah Air pada akhir 2006. Butuh sebelas tahun sebelum generasi keduanya lahir pada akhir 2017.

Generasi tersebut sudah dijual selama lima tahun di Indonesia, dengan hanya sekali penyegaran model yaitu pada September 2021. Namun, ubahannya sangat sedikit, cuma penambahan fitur Idle Stop plus Vehicle Stability Control.

Rudy tidak merespons pertanyaan apakah lima tahun sudah terlampau lama atau tidak bagi Daihatsu. Ia juga tidak bersedia mengungkap apakah Terios generasi ketiga masih butuh waktu yang cukup lama untuk hadir, pun terkait sejauh mana riset dan pengembangannya.

“Kita lihat saja,” tukasnya.

“Sampai saat ini, kami belum bisa membagikan seperti apa kondisinya. Tapi, percayalah, Daihatsu pasti mendengar dan berusaha memenuhi semua kebutuhan konsumen,” lanjut Rudy lagi.

Salah satu pertanyaan besar terkait calon Terios baru adalah apakah sistem penggerak rodanya akan berganti dari belakang (rear wheel drive/RWD) ke depan (front wheel drive/FED).

Soalnya, generasi terbaru dari produk kolaborasi lainnya yaitu Toyota Avanza-Daihatsu Xenia sudah berganti dari RWD ke FWD, ketika diperkenalkan pada November 2021.

Pabrik Avanza-Xenia maupun Terios-Rush sendiri rencananya dipindah dari Sunter, Jakarta ke Karawang, Jawa Barat pada 2024. Langkah ini, menurut Rudy, salah satunya bertujuan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi kendaraan di masa depan. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang