Ford Gaet Pabrikan India Bikin SUV dan Mobil Listrik

Berita Otomotif

Ford Gaet Pabrikan India Bikin SUV dan Mobil Listrik

NEW DELHI – Ford menggaet pabrikan India Mahindra dalam hal riset dan pengembangan bersama untuk membuat sport utilitiy vehicle (SUV) serta mobil listrik yang bakal dijual di negara-negara berkembang, termasuk India.

Penandatanganan kerja sama antara Ford dengan Mahindra, seperti dikabarkan Reuters, berlangsung pada Kamis (22/3/2018) waktu New Delhi, India. Keduanya akan bahu-membahu membuat SUV medium.

Selain itu, Ford maupun Mahindra sepakat melihat kemungkinan untuk bersama-sama membuat dua jenis kendaraan lainnya yakni SUV kompak plus mobil listrik. Detail mengenai model-model tersebut sayangnya tidak dijelaskan.

Kabar mengenai aliansi strategis Ford dengan Mahindra sendiri sudah terungkap jauh sebelum ini. Pasalnya, pada September 2017, dua pabrikan sudah mengumumkan rencana tersebut.

Lebih lanjut, SUV medium hasil pengembangan dua pihak akan dijual secara independen oleh masing-masing merek. Tidak dipaparkan seberapa banyak pembagian komponen serta kemiripan desain SUV medium Ford dan Mahindra nanti.

Pasar pertama yang dituju ialah India. Namun, juru bicara Ford menjelaskan peluang menghadirkannya di negara-negara berkembang lain amat terbuka.

“Kami melihat keuntungan yang kami dapat jika produk ini nantinya diekspor. Detailnya akan berkembang dan terlalu dini jika membuat komentar terlalu banyak mengenai ini sekarang,” ujar sang juru bicara.

Dengan kolaborasi tersebut, Ford dapat menurunkan biaya riset dan pegembangan SUV mereka untuk negara-negara dunia ketiga, memanfaatkan sumber daya Mahindra yang memang unggul di kendaraan jenis ini. Di samping itu, pabrikan asal Amerika Serikat tersebut juga bisa mereduksi ongkos penelitian mobil listrik bagi pasar India yang mewajibkan seluruh mobil yang dijual pada 2030 memiliki sistem penggerak bertenaga listrik.

Di sisi lain, hingga detik ini sulit membayangkan SUV medium Ford hasil kerja sama dengan Mahindra akan hadir di Indonesia. Ini karena Ford sudah memutuskan minggat dari Nusantara pada awal 2016 karena sulit berkembang. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual