First Impression Ban Pirelli Angle Scooter untuk Yamaha NMax

Berita Otomotif

First Impression Ban Pirelli Angle Scooter untuk Yamaha NMax

JAKARTA - Mobil123.com berkesempatan menguji ban Pirelli Angel Scooter untuk Yamaha NMax dan impresinya setelah menempuh jarak 400 km cukup menjanjikan.

Pengujian sendiri dilakukan bertepatan touring yang dilakukan Journalist Max Community (JMC) pekan lalu dengan rute Jakarta - The Lodge Maribaya, Lembang Bandung. Mobil123.com yang merupakan salah satu member dari JMC berkesempatan untuk mencoba ban Pirelli Angel Scooter ukuran 120/70-13 dan 140/70-13 support langsung dari distributornya PT Astra Otopart. 

Secara Umum ban Pirelli Angel Scooter dibuat dengan 4 tujuan utama. Yakni kenyamanan, penggunaan di permukaan basah, membuat jarak pengereman makin pendek dan penggunaan gaya berkendara komuter.


Pada kesempatan ini, Mobil123.com mencoba melakukan pembuktian pada 4 klaim di atas. Dan kebetulan, beragam karakter jalan ditemui saat menempuh jakarta menuju Bandung. Belum lagi cuaca yang bisa serta merta berubah dari panas, gerimis dan juga hujan. 

Pirelli sendiri menyebut patern ban Angel Scooter sebagai Shock Absorber Patern. Menurut Pirelli ini dilakukan karena memang ban bertugas untuk meredam (asorb) dan mengurangi (reduce) benturan dengan permukaan jalan yang terjadi selama berkendara. 

Baca juga : Astra Otoparts Support Touring Journalist Max Community

Tak hanya itu, Pirelli mengklaim ban ini juga didesain memiliki Feel Grip bagus di permukanan jalanan Basah. Ini salah satunya berkat lapisan Hydropilic Silica yang cukup signifikan sehingga daya adhesif antara ban dan permukaan aspal basah lebih baik. Yang terakhir ini juga dipercaya dapat meningkatkan durability atau daya tahan dari ban.

Dan jujur saja, kesan pertama memang begitu menggoda, Mobil123.com merasakan daya cengkram yang mantap dan tarikan motor terasa lebih ringan jika  dibandingkan dengan pengunaan ban versi standar. Belum lagi dengan kompon yang cenderung soft membuat bantingan Yamaha NMax menjadi lebih nyaman. 


Kombinasi ini tentunya membuat feeling berkendara menjadi lebih menyenangkan. Dengan penuh percaya diri dapat melakukan akselerasi di jalan-jalan lurus dari Jakarta - Cikampek. Intinya meski kontur jalan tidak rata, Yamaha NMax tetap bisa dipacu sesuai dengan rentang kecepatan yang dibutuhkan dalam kondisi nyaman. 

Memasuki jalan-jalan berliku seputar Subang - lembang Bandung, Yamaha NMax terbukti sangat presisi untuk dikendalikan. Pada beberapa kesempatan saat melewati tikungan, Mobil123.com melakukan loose and goes, yakni hanya melepas gas dan mengimbangi kecepatan saat masuk tikungan.

Atau dengan slow in fast out atau masuk tikungan dengan kecepatan rendah dah mulai memacu kecepatan sesaat sebelum tikungan berakhir. Yang menarik, kadang Mobil123.com mengulur brake point atau titik pengereman sebelum masuk tikungan. Karena meski melakukan pengereman cukup agresif, tidak ada gejala negatif yang muncul, motor masih tetap bisa dikuasai dengan baik. 

Dapat disimpulkan pada dua kondisi kombinasi di atas, secara umum motor dapat dengan mantap dikendalikan secara presisi. 

Feeling ini tergolong berlaku dalam kondisi jalan kering maupun basah. Hanya saja ketika dalam kondisi hujan tentu kecepatannya lebih rendah, pendeknya semua manuver dilakukan dalam kondisi terukur.

Terakhir, Pirelli Angel Scooter ukuran 120/70-13 dan 140/70-13 dibanderol dengan harga Rp 550 ribu serta Rp 650 ribu. Rasanya ini merupakan harga cukup pantas jika dibandingkan dengan kelebihan-kelebihan yang didapat. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual