Esemka Sebut Punya 2 Mitra Dealer, tapi Tidak Tahu Jumlah Dealernya

Berita Otomotif

Esemka Sebut Punya 2 Mitra Dealer, tapi Tidak Tahu Jumlah Dealernya

JAKARTA – Esemka menyebut sudah punya lebih dari satu mitra dealer serta jaringan penjualan di Indonesia.

Sabar Budhi, Hubungan Masyarakat PT. Solo Manufaktur Kreasi, mengatakan bahwa mereka telah berhasil menggandeng dua mitra dealer. Keduanya adalah PT. Adi Citraperkasa Esemka (ACE) serta PT. Unisat Oto International (UOI).

Meski demikian, ketika ditanyakan mengenai jumlah dealer, ia tidak mengetahui dengan persis. Menurut dia, hal tersebut merupakan urusan kedua mitra dealer mereka.

“Kalau itu ranah PT. ACE dan PT. UOI,” ucap Budhi melalui pesan singkat kepada Mobil123.com belum lama ini.

Sekadar mengingatkan, Esemka merupakan merek mobil asal Surakarta, Jawa Tengah. Namanya sudah lama beredar, tapi baru meresmikan pabrik di Boyolali, Jawa Tengah pada September 2019.


Peresmian pabrik dihadiri oleh banyak pejabat elite negara. Di antaranya Presiden Joko Widodo serta Airlangga Hartarto, yang ketika itu masih menjabat sebagai Menteri Perindustrian.

Pada momen bersamaan, mereka juga meluncurkan pikap kecil bernama Bima yang menyandang mesin 1.2-liter serta 1.3-liter. Di awal kemunculan, Bima mengundang kontroversi karena dianggap sebagai versi ganti logo dari mobil China Changan Star Truck.

Belum ada keterangan, berapa banyak Bima yang terjual hingga saat ini. Keterangan resmi terakhir dari Esemka, 200 unit Bima sudah diboyong oleh pembeli dari Lampung.


Esemka mengatakan Bima kini bisa dibeli secara daring (online). Adapun caranya adalah dengan mengakses situs resmi mereka yaitu esemkaindonesia.co.id.

Pada September 2019, Esemka sebenarnya juga memamerkan beberapa prototipe kendaraan lain. Misalnya saja sport utility vehicle (SUV) Garuda 1 yang beberapa waktu lalu diisukan sudah diproduksi massal. Akan tetapi, informasi tersebut telah dibantah oleh Esemka.


Perihal jaringan penjualan, hanya ada satu dealer Esemka yang pernah diumumkan. Outlet tersebut berada di Boyolali, di satu area yang sama dengan pabrik mereka.

““Esemka Resmi membuka showroom yang berada pada kompleks Pabrik Esemka Boyolali. Bagi wartawan dan seluruh masyarakat Indonesia, harap antri dalam pemesanan mobil idaman pada esok hari,” tulis administrator akun Instagram @esemka_official dengan percaya diri tahun lalu.

Akun ini sendiri tidak diakui Budhi sebagai media sosial resmi Esemka. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar