Jadi Sumber Berita, Akun Instagram @esemkaofficial_ Ternyata Tidak Diakui PT Esemka

Berita Otomotif

Jadi Sumber Berita, Akun Instagram @esemkaofficial_ Ternyata Tidak Diakui PT Esemka

JAKARTA - Akun Instagram (IG) @esemkaofficial_ yang jadi sumber berita ternyata tidak diakui oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka).

Kemarin (24 Agustus 2020), ada pemberitaan di media nasional ternama mengenai Esemka Garuda 1 sudah diproduksi berikut taksiran harga jualnya. Mobil123.com langsung menghubungi Sabar Budhi, Humas PT Esemka untuk mencari keterangan lanjutan.

Namun Sabar langsung membantah berita tersebut. Saat ditanya kepastiannya, ia mengaku bahwa Esemka Garuda 1 sama sekali belum diproduksi.

"Belum. Masih prototype," kata Sabar melalui pesan singkatnya.

Menarik untuk disimak, sumber berita yang beredar kemarin bersumber dari akun IG @esemkaofficial_,. Dan usut punya usut ternyata informasi terkait dengan Esemka Garuda 1 ini telah diposting sejak Januari 2020 atau lebih Sekitar 8 bulan lalu. 

Dalam postingan sendiri terdapat foto-foto Esemka Garuda 1. Pada keterangannya disebut "Esemka 2.0 Akan segera dirilis di tahun 2020. Tanggal tepatnya?? Tunggu info selanjutnya. Esklusif review sudah ada di bio @esemkaofficial_".

esemka garuda 1
Ditanya mengenai hal ini, Sabar juga melakukan bantahan. Ia menyebutkan bahwa akun IG @esemkaofficial_ bukan resmi dikelola oleh Esemka.

"Instagram di @esemkaofficial_ yang beredar bukan kami yang kelola, bukan kami yang buat release," jelas Sabar.

Di Instagram sendiri memang banyak akun yang mengatasnamakan Esemka. Seperti @info_esemkaid, @esemkaofficial_, serta @esemkaindonesia.

Sabar menyebut saluran komunikasi digital yang resmi mereka kelola adalah www.esemkaindonesia.co.id. Ia tidak mengakui adanya akun Instagram yang resmi mewakili merek Esemka. 

Yang juga menarik adalah pada akun @esemkaofficial_ juga terdapat link dan mengarahkan ke video review Esemka Garuda 1. Hanya saja bukan masuk ke akun Youtube resmi Esemka namun ke akun Ainaro DM.

Di dalam video yang juga diposting pada 2 Januari 2020 tampak cukup detail gambar-gambar Esemka Garuda 1. Pada gambar juga terlihat bahwa mobil ini sedang diuji di pabrik PT Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Video ini ditonton hampir 25 ribu orang serta mendapatkan sedikitnya 203 komentar. Pro-kontra terjadi di kolom komentar, ada pujian dan banyak pula yang mempertanyakan apakah Esemka Garuda 1 ini benar-benar murni kreasi anak negeri.

"Kok layarnya tulisan cina..setir sebelah kiri..gmn nih.." tulis akun Pebi Hermansyah. 

Terakhir, kembali ke postingan IG @esemkaofficial_ bahwa Esemka Garuda bakal meluncur 2020 semoga menjadi kenyataan. Ada waktu sekitar 4 bulan lagi sebelum tahun ini berakhir.

Esemka Garuda 1 yang masih dalam bentuk prototype sendiri dilengkapi mesin 2.0-liter. Hingga kini belum ada keterangan resmi langsung dari pabrikan, apakah akan menggunakan mesin diesel atau bensin.

SUV yang dianggap mirip dengan SUV China Foday Landford, sempat tercantum dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 Tahun 2020 dan ditandatangani Januari silam. Adapun isi regulasi itu adalah mengenai Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Di dalamnya disebutkan bahwa Garuda 1 bermesin 2.0-liter dan bertransmisi manual memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp 265 juta. Sementara itu DP PKB (Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor) yang tertera adalah Rp 278,25 juta. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar