Efek Positif Pandemi Covid-19 Pada Lingkungan

Berita Otomotif

Efek Positif Pandemi Covid-19 Pada Lingkungan

CANBERRA - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia punya efek positif karena mampu menurunkan tingkat emisi hingga 7 persen sepanjang 2020.

Capaian 7 persen ini terjadi di seluruh dunia dan merupakan rekor penurunan tingkat emisi terbesar yang pernah terjadi. Disebut terjadi karena aktivitas orang selama pandemi berubah total. 

The Global Carbon Project, kelompok otoritatif  terdiri dari puluhan dunia international yang fokus pada emisi menghitung bahwa di seluruh dunia melepaskan 34 miliar metrik ton karbon dioksida sepanjang 2020. Angka ini ternyata turun dibandingkan 2019 yang mencapai 36.4 metrik ton. Data hasil penelitian ini sendiri sudah diterbitkan oleh Earth System Science Data beberapa hari lalu.

Menurut para ilmuan, lockdown dan dilanjutkan dengan perilaku manusia untuk mengurangi keluar rumah menjadi penyebab penurunan ini. Kini lebih sedikit orang beraktivitas menggunakan mobil, motor dan pesawat dibandingkan sebelum masa pandemi.

Efek Positif Pandemi Covid-19 Pada Lingkungan

Namun demikian, tingkat emisi diprediksi akan langsung melesat naik ketika pandemi berakhir. Untuk diketahui, transportasi darat di seluruh dunia menghasilkan sekitar seperlima dari emisi karbon dioksida yang disebut sebagai gas pemerangkap panas buatan manusia.

Dari catatan para ilmuan, dari 3 wilayah besar, China memiliki angka penuruna emisi yang sangat kecil dibandingkan  yakni Amerika Serikat dan Eropa. Jika Amerika Serikat penurunan mencapai 12 persen dan Eropa 11 persen, China hanya 1.7 persen.

Hal ini disebabkan bahwa emisi yang dikeluarkan di China cenderung berbasis industri dibandingkan negara lain. Dan selama pandemi, industri di sana tidak terlalu terpengaruh dibandingkan transportasi, apalagi China lebih dulu melakukan lockdown sehingga memungkinkan recovery negaranya yang lebih cepat.

"Namun lockdown sama sekali bukan cara untuk mengatasi perubahan iklim," kata Corinne LeQuere, ilmuan dari Universitas East Anglia, Inggris.

Efek Positif Pandemi Covid-19 Pada Lingkungan
Catatan menarik disampaikan oleh Chris Field, Director of the Stanford Woods Institute for the Environment menyebut bahwa banyak pelajaran menarik selama pandemi yang terkait lingkungan. Ia optimis bahwa banyak masyarakat makin sadar dan mau membantu berpartisipasi aktif dalam menurunkan emisi.

"Misal, saat ini masyarakat jadi makin terbiasa dengan pekerjaan jarak jauh atau menyadari bahwa mereka tidak perlu selalu melakukan perjalanan bisnis. Jika perilaku ini terus bertahan di masa depan terutama setelah pandemi, kita mungkin akan melihat penurunan emisi yang cukup baik," kata Chris. 

Efek Positif Pandemi Covid-19 Pada Lingkungan
Di awal pandemi, The European Space Agency (ESA) mengambil citra satelit dan mengamati terjadi penurunan emisi nitrogen dioksida atau gas berbahaya yang biasa dipancarkan oleh pembangkit listrik, mobil dan pabrik. Kala itu mereka mencermati wilayah Italia setelah memberlakukan lockdown.

ESA menerbitkan animasi yang menunjukkan bagaimana emisi NO2 berfluktuasi di seluruh Eropa dari 1 Januari - 11 Maret 2020. Menggunakan rata-rata bergerak 10 hari, jelas menunjukkan turunnya tingkat polusi. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar