Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

DPR Minta Pemerintah Siap hadapi Arus Mudik 2015

Berita Otomotif

DPR Minta Pemerintah Siap hadapi Arus Mudik 2015

JAKARTA - Untuk menghadapi arus mudik 2015 yang akan segera terjadi, Komisi V DPR RI mengadakan rapat kerja bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perhubungan, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika serta Kepala Badan SAR Nasional.

Dalam rapat tersebut, Komisi 5 meminta kepada Pemerintah agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan meminimalkan kecelakaan yang mungkin terjadi selama arus mudik dan balik berlangsung.

“Tahun 2014 terjadi 3.057 kecelakaan atau sekitar 218 kecelakaan/hari. Untuk itu, kami berharap tahun 2015 ini, angka kecelakaan bisa ditekan sekecil mungkin,” ungkap Wakil ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia

Untuk itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya sudah bekerja untuk memastikan layanan transportasi untuk mudik semisal penyediaan jalan tol, berjalan baik. Demi kenyamanan dan keamanan, diharapkan para pemudik mengikuti rekayasa atau manajemen lalu lintas yang dilakukan oleh korlantas Polri.

“Yang kedua, perilaku para pengendara harus diperhatikan betul, jadi kerjasama itulah yang bisa kita harapkan untuk bisa melayani pemudik dengan lebih baik, nyaman dan aman,” tegas Basuki. Dalam kesempatan tersebut Menteri Basuki juga mengatakan bahwa dirinya telah menugaskan para pejabat eselon I dan II untuk melakukan pemantauan langsung ke jalan nasional yang potensial dilalui arus mudik.

“Lingkup nasional, memang tidak 100 persen kemantapan jalan kita. Keseluruhan ada 83 persen yang kemantapannya bagus. Sementara 17 persen sisanya ada yang rusak berat dan ringan,” ungkap Basuki.

Beberapa jalan nasional yang perlu dibenahi diantaranya adalah di Sumatera yang letaknya di perbatasan Jambi yang masih tahap penyelesaian dengan target akan selesai pada awal Juli 2015. Selain itu juga di lintas Timur kota Palembang yang masih membutuhkan penanganan penyelesaian jalan. “Untuk Kalimantan, jembatan Tayan belum selesai, Sulawesi Makassar – Pare- pare ada perbaikan dilakukan, H-7 bisa diselesaikan dan dimanfaatkan,” tambahnya.

Sementara itu, di Pulau Jawa Basuki mengatakan  dengan adanya tol Cikopo-Palimanan (Cipali) maka dari Merak sampai Pejagan sudah dapat dilalui melalui tol.

“Dengan selesainya tol Cipali sepanjang 116,75 km, ruas tol Merak-Pejagan sudah siap dilalui sekarang dicoba untuk difungsikan sementara Pejagan-Brebes Timur,” kata Basuki. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang