DPR Minta Pemerintah Siap hadapi Arus Mudik 2015

Berita Otomotif

DPR Minta Pemerintah Siap hadapi Arus Mudik 2015

JAKARTA - Untuk menghadapi arus mudik 2015 yang akan segera terjadi, Komisi V DPR RI mengadakan rapat kerja bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri Perhubungan, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika serta Kepala Badan SAR Nasional.

Dalam rapat tersebut, Komisi 5 meminta kepada Pemerintah agar dapat memberikan pelayanan terbaik dan meminimalkan kecelakaan yang mungkin terjadi selama arus mudik dan balik berlangsung.

“Tahun 2014 terjadi 3.057 kecelakaan atau sekitar 218 kecelakaan/hari. Untuk itu, kami berharap tahun 2015 ini, angka kecelakaan bisa ditekan sekecil mungkin,” ungkap Wakil ketua Komisi V DPR RI Yudi Widiana Adia

Untuk itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya sudah bekerja untuk memastikan layanan transportasi untuk mudik semisal penyediaan jalan tol, berjalan baik. Demi kenyamanan dan keamanan, diharapkan para pemudik mengikuti rekayasa atau manajemen lalu lintas yang dilakukan oleh korlantas Polri.

“Yang kedua, perilaku para pengendara harus diperhatikan betul, jadi kerjasama itulah yang bisa kita harapkan untuk bisa melayani pemudik dengan lebih baik, nyaman dan aman,” tegas Basuki. Dalam kesempatan tersebut Menteri Basuki juga mengatakan bahwa dirinya telah menugaskan para pejabat eselon I dan II untuk melakukan pemantauan langsung ke jalan nasional yang potensial dilalui arus mudik.

“Lingkup nasional, memang tidak 100 persen kemantapan jalan kita. Keseluruhan ada 83 persen yang kemantapannya bagus. Sementara 17 persen sisanya ada yang rusak berat dan ringan,” ungkap Basuki.

Beberapa jalan nasional yang perlu dibenahi diantaranya adalah di Sumatera yang letaknya di perbatasan Jambi yang masih tahap penyelesaian dengan target akan selesai pada awal Juli 2015. Selain itu juga di lintas Timur kota Palembang yang masih membutuhkan penanganan penyelesaian jalan. “Untuk Kalimantan, jembatan Tayan belum selesai, Sulawesi Makassar – Pare- pare ada perbaikan dilakukan, H-7 bisa diselesaikan dan dimanfaatkan,” tambahnya.

Sementara itu, di Pulau Jawa Basuki mengatakan  dengan adanya tol Cikopo-Palimanan (Cipali) maka dari Merak sampai Pejagan sudah dapat dilalui melalui tol.

“Dengan selesainya tol Cipali sepanjang 116,75 km, ruas tol Merak-Pejagan sudah siap dilalui sekarang dicoba untuk difungsikan sementara Pejagan-Brebes Timur,” kata Basuki. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual