DFSK Glory E3 Segera Meluncur di Australia, Selanjutnya Indonesia?

Berita Otomotif

DFSK Glory E3 Segera Meluncur di Australia, Selanjutnya Indonesia?

CANBERRA - Mobil listrik Dongfeng Sokon (DFSK) Glory E3, yang sempat unjuk diri dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, dipastikan meluncur di Australia pada awal tahun depan.

Glory E3, menurut Car Sales beberapa waktu lalu, bakal masuk Australia bersama-sama dengan satu mobil listrik lain, DFSK EC35, melalui importir EV Automotive. Keduanya sama-sama bakal tersedia di ‘Negeri Kangguru’ pada kuartal satu 2020.

Glory E3 pada Juli kemarin tampil dalam GIIAS 2019 di Serpong, Tangerang. DFSK sudah memastikan bahwa model tersebut adalah calon mobil listrik pertama mereka di Indonesia kelak.

Sayangnya, tidak disebutkan pada tahun berapa Glory E3 akan mengaspal di Tanah Air. Pemerintah sendiri telah meluncurkan Peraturan Presiden (Perpres) berisi 17 insentif bagi mobil ramah lingkungan dan kini tinggal menunggu aturan-aturan turunan yang lebih detail. Rencananya, segala insentif itu baru berlaku 2 tahun dari sekarang.

Lebih lanjut, EC35 merupakan van bertenaga listrik seukuran Toyota HiAce. Sistem penggeraknya mengandalkan baterai 41,4kWh yang menyediakan jarak tempuh 290 km ‘semi laden’.

Tenaganya mencapai 80,4hp dengan torsi 200 Nm. Mobil bisa diisi cepat dengan level daya 20 - 80 persen dalam 30 menit.

Adapun Glory E3 merupakan sport utility vehicle (SUV) bertenaga listrik. Baterainya berkapasitas 52,5 kWh dengan jarak tempuh 405 km.

Tenaganya menyentuh 160hp dengan torsi 300 Nm. Tersedia pula Quick Charge seperti EC35.

EV Automotive sendiri punya sejarah panjang mengimpor serta menjual kendaraan berat dari Jepang dan China. Dua mobil listrik DFSK bakal diimpor utuh dari China.

David Potter, Managing Director EV Automotive, mengataka bahwa rencana awal mereka sebenarnya mengimpor truk listrik ke Australia. Akan tetapi, setelah diskusi dengan DFSK berjalan, rencana berubah menjadi impor mobil penumpang plus kendaraan niaga ringan listrik ke Australia plus negara-negara Ocenia lainnya.

Glory E3 akan terlebih dahulu dipamerkan di Chatswood Shopping Centre di Sydney’s North Shore dari 14 - 24 Oktober. Soft launch rencananya akan digelar pada akhir tahun ini. Sang importir kini sedang bernegosiasi dengan dua calon mitra jaringan.

“Masing-masing punya lebih dari 150 outlet servis di seputar Australia, membuat EV Automotive menawarkan layanan berskala nasional sejak penjualan pertama,” ujar Potter. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support