DFSK Glory E3 Habiskan Tak Sampai Rp 100 Ribu untuk Tempuh 405 Km

Berita Otomotif

DFSK Glory E3 Habiskan Tak Sampai Rp 100 Ribu untuk Tempuh 405 Km

TANGERANG - Dongfeng Sokon (DFSK) Glory E3, sport utility vehicle (SUV) asal China yang akan masuk Indonesia, punya jarak tempuh lebih dari 400 km. Biaya pengisian baterai listriknya hingga penuh pun diklaim sangat murah.

Glory E3 merupakan mobil eksebisi DFSK dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong, Tangerang. Pada hari pertama pameran, merek asal ‘Negeri Tirai Bambu’ ini pun membeberkan rencana meluncurkannya di Tanah Air dengan memanfaatkan insentif pajak dari regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) yang masih disusun.

Ricky Humisar Siahaan, Deputy Product Division Head PT. Sokonindo Automobile, mengklaim Glory E3 punya tiga keunggulan. Pertama adalah performa sistem penggerak berbasis baterainya.

“Kapasitas baterainya sudah lumayan mumpuni. Dengan 52,56 KWh bisa sampai jarak tempuh 405 km. Gambarannya, mungkin sama dengan jarak dari Jakarta ke Semarang,” ucapnya dalam konferensi pers di hari keenam GIIAS 2019.

Jarak tempuh sejauh itu juga dapat dilakukan dengan biaya yang jauh lebih murah jika dibandingkan mobil konvensional. Ricky memberi pengandaian bahwa biaya token listrik 66 KWh saja saat ini sekitar Rp 100 ribu.

“Artinya dengan uang tak sampai Rp 100 ribu baterainya yang berkapasitas 52,56 KWh sudah bisa terisi penuh. Mobil-mobil LCGC (low cost green car) saja tidak semurah itu,” tandasnya lagi.

Glory E3 juga bisa dicas di steker rumahan (slow charging 8 jam) atau dengan alat khusus jika ingin fast charging 30 menit untuk 80 persen daya. Glory E3 sudah mempunyai adaptor khusus sehingga rumah berdaya 2.200 Watt bisa melakukannya.

Gelontoran daya maupun torsi dari motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor sendiri adalah 160,9hp dengan torsi 300 Nm. Akselerasi 0 - 50 km/jam digapai dalam 3,9 detik.

“Glory E3 juga punya tiga mode mengemudi (Normal, Eco, Sport,” tandas Ricky.

Keunggulan kedua, lanjut dia, adalah keberadaan fitur voice command canggih dengan dukungan layar sentuh 10,25 inchi plus sistem operasi Lin 4.0. Ada pula Automatic Shift Knob untuk mengoperasikan layar, Keyless Entry dan Push Start Button, Cruise Control, Electric Gear Shift Knob, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Power Panoramic Sunroof, Automatic Wiper, Headlight Turn On Automatically, hingga Smartphone Wireless Charging.

Poin ketiga, di sisi lain, adalah fitur keselamatan lengkap serta garansi panjang 120 ribu km. Fitur-fiturnya ada Lane Departure Warning System, Forward Collision Warning, Hill Descent Control, dan Hill Start Assist, sistem pengereman ABS+EBD, Electronic Stability Program (ESP), ISOFIX, 360 degrees Panoramic Parking, Vehicle Running Recorder. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar