Datsun CROSS, Mini Crossover Lincah yang Multifungsi

Berita Otomotif

Datsun CROSS, Mini Crossover Lincah yang Multifungsi

JAKARTA – Datsun CROSS merupakan mini crossover yang multifungsi karena enak dibawa meliuk-liuk di perkotaan dan mampu pula membawa banyak barang bawaan ketika ke luar kota.

CROSS menjalani debut global pada 18 Januari di Indonesia. Model ketiga Datsun di Indonesia itu terdiri dari satu tipe bertransmisi manual atau transmisi otomatis XTronic CVT, dengan harga on-the-road Jakarta masing-masing Rp 161,49 juta serta Rp 173,99 juta.

Sebagai sebuah mini crossover, CROSS memiliki dimensi yang cukup compact untuk dibawa mencari celah di perkotaan nan macet. Bagaimana tidak, dimensinya bisa disetarakan dengan city car berkat panjang 3,995 mm, lebar 1,670 mm, serta tinggi 1,560 mm.

Adapun jarak sumbu roda CROSS ialah 2,450 mm. Di sisi lain, ground clearance-nya setinggi 200 mm, yang tertinggi di segmennya.

Tidak hanya soal dimensi saja yang menguntungkannya ketika menerabas padatnya jalan-jalan di dalam kota. Transmisi otomatis XTronic CVT kepunyaan CROSS juga amat responsif bahkan sejak putaran bawah berkat teknologi sub-planetary gear.

“Rasionya menjangkau dari putaran yang sangat rendah hingga sangat tinggi sehingga membuat range-nya sangat lebar seperti transmisi otomatis delapan-percepatan,” klaim Chief Vehicle Engineer Datsun Business Unit Nissan Motor Coporation Nobuyuki Kawai dalam Media First Drive di Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Tak main-main, CROSS merupakan model Datsun pertama di dunia yang menggunakan transmisi otomatis XTronic CVT hasil pengembangan Nissan, dimana XTronic CVT kepunyaan CROSS adalah generasi terbaru yang baru ada di Nissan Micra di pasaran global.

CROSS dilengkapi pula dengan roof rail yang membuatnya multifungsi dan asyik dibawa berkendara keluar kota. Pasalnya, konsumen tinggal memasangkan roof rack dan CROSS pun siap membawa barang-barang bawaan dengan berat maksimal 30 kg di atapnya.

Kapasitas penumpangnya yang 5+2 juga membuatnya dapat memuat empat atau lima orang dewasa dan dua orang anak. Jika hanya membawa lima penumpang ke luar kota, kursi baris ketiga dapat dilipat agar dapat memuat banyak barang.

Perjalanan bakal makin asyik dengan Head Unit 6,75 inchi  yang bisa dihubungkan ke smartphone lewat Bluetooth atau kabel AUX untuk memainkan audio, video, maupun telepon.

Fitur-fitur standar yang disematkan kepada CROSS juga berlimpah dan lazimnya ditemui pada mobil dengan harga minimal Rp 300 juta, Seperti Vehicle Dynamic Control (VDC) atau umumnya dikenal sebagai kontrol stabilitas; Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Traction Control, dan Brake Limited Slip Differential; sensor parkir; Central Locking System; Immobilizer; Keyless Alarm with Shock Sensor; kaca spion elektrik; lampu depan otomatis plus fitur Follow Me Home; Intelligent Wiping System; Electronic Power Steering; hingga Power Outlet di dalam kabin. ###



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support