Daihatsu: Kami Tercerahkan oleh Wuling

Berita Otomotif

Daihatsu: Kami Tercerahkan oleh Wuling

TANGERANG  - PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) mengakui bahwa pihaknya merasa tercerahkan oleh Wuling Motors Indonesia karena telah mengembangkan fitur Voice Command dalam Bahasa Indonesia.

Pernyataan ini disampaikan oleh Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Ia bahkan mengaku bahwa pihaknya belum terpikirkan untuk mengembangkan teknologi tersebut.

“Belum (terpikirkan untuk membuat voice commad dalam Bahasa Indonesia). Baru Bahasa Inggris karena kami pikir (fitur) ini untuk pasar global. Betul ini merupakan sisi postif dari kompetisi. Membuat kami akhirnya tercerahkan. Ke depannya harus dipikirkan (untuk menggunakan fitur serupa),” ungkapnya.

Ia pun menambahkan bahwa pencerahan ini membuat Daihatsu akan lebih fokus untuk mengembangkan kendaraan yang cocok di Indonesia. Pengembangan kendaraan akan terus dilakukan termasuk kemungkinan untuk menggunakan fitur serupa.

“Saya menghargai Wuling yang mengerti kebutuhan ini (Voice Command Bahasa Indonesia). Kami masih (menggunakan) Bahasa Inggris dan ini menjadi masukan untuk kami agar kedepannya lebih mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia,” tambahnya.

Sebelumnya, Wuling Motors Indonesia membuat gebrakan dengan meluncurkan Wuling Almaz yang telah dilengkapi fitur WIND (Wuling Indonesian Command. Seperti namanya, fitur tersebut memungkinkan pengemudi dan orang-orang di dalam kabin mengoperasikan beragam fitur maupun berinteraksi dengan kendaraan dengan menggunakan suara, khususnya bahasa Indonesia.

“Fitur Wind sudah mengenal beberapa perintah suara sehingga tidak membuat bahasa terkesan kaku. Untuk membuka sunroof bisa seperti ‘tolong buka sunroof’ atau ‘buka sunroof’ dan sebagainya. Bahkan untuk pengucapan yang terdengar mirip, Wind masih bisa mengenalinya. Contohnya ‘buka jendela’ menjadi ‘buka jendelo’. Jadi tidak akan ada masalah dengan dialek,” Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Bahkan, pemilik Wuling Almaz lama pun diklaim bisa melakukan upgrade untuk memasukkan fitur WIND ke dalam kendaraannya. Prosesnya pun terbilang sederhana karena hanya perlu menginstall software dan itu dapat dilakukan di bengkel resmi Wuling tanpa biaya. Namun, proses ini baru bila dilakukan pada bulan Agustus 2019 dan proses instalasinya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar