Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Semester Dua 2022 (Oktober - Desember)

Berita Otomotif

Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Semester Dua 2022 (Oktober - Desember)

Menyambung daftar mobil baru yang meluncur di Indonesia semester dua 2022 periode Juli–September, kali ini akan diuraikan periode Oktober-Desember.

Setelah momen GIIAS 2022, pasar otomotif Indonesia khususnya mobil sempat sepi karena tidak ada produk baru. Contohnya saja di September 2022 tercatat hanya ada satu model mobil baru. Demikian juga dengan Oktober 2022 terdapat dua peluncuran mobil baru.

Begitu masuk November dan Desember pasar otomotif kembali ramai dengan kemunculan model mobil baru. Beberapa di antaranya kendaraan elektrifikasi.

Ada juga yang meluncurkan mobil sebagai tanda kembalinya sebuah merek di pasar Indonesia, misalnya Chery dan Citroen.

Untuk lebih lengkapnya berikut daftar mobil baru yang meluncur di Indonesia semester dua 2022 periode Oktober sampai Desember.

All New Toyota Vios (12 Oktober)

Toyota meluncurkan All New Vios di Indonesia pada 12 Oktober 2022. Peluncuran mobil sedan ini dilakukan secara virtual.

Pembaruan yang diberikan pada Vios teranyar mencakup berbagai sektor, mulai dari desain, platform, mesin, sampai fitur-fiturnya.

Dari segi tampilan, perubahan yang paling terlihat ada di muka mobil seperti desain gril, bumper, dan headlamp. Ukuran Vios pun juga berbeda, terutama ground clearance yang lebih tinggi serta wheelbase yang lebih panjang.

Kemudian mesin pada All New Vios juga berbeda, dari sebelumnya memakai mesin bensin 1.5 liter tipe 1NZ-FE menjadi tipe 2NR-VE. Pemakaian mesin ini menyebabkan penyusutan pada performa. Secara rinci tenaga berkurang menjadi 104 hp, dan torsi tereduksi menjadi 138 Nm.

Fitur-fitur baru yang dipasang pada All New Vios di antaranya Head Unit 9 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, Meter Cluster TFT 7 inci dengan Digital LED Speedometer dan MID, rem parkir elektrik, Brake Auto Hold, dan Air Purifier.

Pada tipe tertinggi Vios juga dilengkapi dengan teknologi bantuan pengemudian aktif khas Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

Harga on the road (OTR) Jakarta untuk All New Toyota Vios adalah sebagai berikut:

  • E MT Rp314,9 juta
  • G CVT Rp355,2 juta
  • G CVT TSS Rp368,4 juta

Jaguar I-Pace (25 Oktober)

Mendekati akhir 2022 banyak jenama yang meluncurkan kendaraan elektrifikasi. Jaguar termasuk di antaranya. Pabrikan asal Inggris ini merilis Jaguar i-Pace di Tanah air pada 25 Oktober.

Mobil ini dirilis dengan harga off the road Rp2,907 miliar. Jadi, diperkirakan mobil ini akan memiliki harga OTR Jakarta melewati Rp3 miliar.

Jaguar i-Pace mengandalkan dua motor elektrik synchronous magner untuk menggerakan keempat roda, serta didukung oleh baterai berkapasitas 90 kWh yang memiliki jarak tempuh sekitar 469,9 km.

Urusan performa, i-Pace dikatakan dapat menghasilkan daya hingga 394 hp dan torsi 700 Nm. Akselerasinya dari 0–100 km per jam dalam waktu 4,8 detik. Kecepatan tertingginya sekitar 200 km per jam.

Dari segi tampilan, i-Pace memakai pelek 20 inci gloss black. Sementara itu interior mobil ini terbalut dengan material kulit di berbagai titik kabin.

Kemudian fitur-fitur penunjang kenyamanan di antaranya head unit 12,3 inci Pivi Pro, Jaguar Range Calculator, Meridian Sound System.

Untuk melengkapi pembelian i-Pace, konsumen nantinya akan mendapatkan instalasi fast charging di rumah mereka.

Honda WR-V (2 November)

Memasuki November, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda WR-V. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meniagakan WR-V. 

Sebagai mobil yang bermain di segmen Small SUV, WR-V bersaing dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

WR-V merupakan versi produksi dari Honda SUV RS Concept yang sudah diperkenalkan lebih dari setahun.

Dari segi ukuran, WR-V memiliki ground clearance yang paling tinggi di kelasnya, yakni 220 mm.

Demikian juga dengan dapur pacunya yang memanfaatkan mesin bensin 1.500 cc yang mampu menghasilkan daya 119 hp dan torsi 145 Nm, diklaim performa terbesar di kelasnya. Transmisi yang digunakan otomatis CVT dengan G-design shift.

Tipe tertinggi WR-V dilengkapi fitur-fitur Honda Sensing, meliputi Adaptive Cruise Control, Road Departure Mitigation, Lead Car Departure Notification System, Lane Keeping Assist, Auto High Beam, dan Collision Mitigation System.

Saat peluncuran, Honda WR-V dijual dengan harga Rp271,9 juta untuk tipe terendah. Per Januari 2023, harga tersebut naik menjadi Rp279,4 juta.

Wuling Almaz Hybrid (3 November)

Wuling tetap menunjukan komitmennya dalam menghadirkan produk elektrifikasi di Indonesia. Setelah merilis Air EV, Wuling meluncurkan Wuling Almaz Hybrid pada 3 November.

Sebagai mobil hybrid, Almaz Hybrid dilengkapi dengan sistem penggerak yang berbeda, yakni mesin bensin 2.0 liter bertenaga 123 hp dan torsi 168 Nm, baterai 1,8 kWh serta motor listrik bertenaga 174 hp dengan torsi 320 Nm. Sistem penggerak tersebut didukung oleh transmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT).

Satu lagi keunggulan yang terdapat pada Almaz Hybrid ada di tiga mode berkendara, yaitu mode EV (100 persen memakai motor penggerak dan baterai listrik), Series Hybrid (memakai motor penggerak, mesin mengecas baterai), dan Parallel Hybrid (motor dan mesin menyalurkan tenaga bersamaan).

Wuling Almaz Hybrid diniagakan dengan harga OTR Jakarta Rp470 juta.

Toyota bZ4X (10 November)

November merupakan awal Toyota mulai unjuk gigi di pasar mobil listrik. Ini ditunjukkan dengan peluncuran Toyota bZ4X.

bZ4X merupakan mobil listrik murni pertama yang diluncurkan Toyota di Indonesia. Sebelumnya, Toyota sudah memiliki mobil listrik berbasis hybrid seperti Corolla Cross Hybrid, CH-R Hybrid, Camry Hybrid, dan Corolla Altis Hybrid.

bZ4X menggunakan platform e-TNGA yang khusus dibuat untuk mobil listrik. Baterai yang digunakan pada bZ4X memiliki kapasitas 71,4 kW.

Baterai menyuplai listrik ke motor penggerak roda depan (FWD) untuk menghasilkan daya maksimum 204 hp dan torsi 266 Nm. Kapasitas baterai memampukan mobil menempuh jarak sampai 500 km.

Beberapa fitur andalan yang disematkan pada bZ4X ada Panoramic Sunroof, Head Unit 12,3 inci, Advance Park yang dapat membuat mobil parkir secara otomatis tanpa kendali pengemudi, dan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0

Harga yang disematkan pada mobil listrik bZ4X ini adalah Rp1,19 miliar.

Toyota Kijang Innova Zenix & Innova Zenix Hybrid (21 November)

Selang sebelas hari, Toyota kembali meluncurkan mobil barunya. Kali ini merupakan generasi ketujuh dari Kijang yang dinamai Kijang Innova Zenix.

Innova Zenix yang diluncurkan ada dua jenis penggerak, yaitu penggerak mesin bensin dan penggerak hybrid. Versi hybrid menggantikan varian mesin diesel. Ditambah lagi, seluruh tipe Innova Zenix memakai sistem transmisi otomatis CVT.

Selain mesin dan sistem penggerak, ubahan pada Innova Zenix juga terlihat di berbagai sisi. Mulai dari platform, desain, dimensi, fitur, dan teknologi, semuanya mengalami pembaruan.

Harga yang disematkan pada Innova Zenix mesin bensin mulai dari Rp419 juta, sedangkan harga termurah Zenix Hybrid berada di angka Rp458 juta OTR Jakarta.

Chery Tiggo 7 Pro & 8 Pro (23 November)

Chery mewujudkan comeback-nya ke pasar mobil Indonesia dengan meluncurkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro pada 23 November.

Pertama, Tiggo 7 Pro mengandalkan mesin bensin 1.5 liter turbo dengan tenaga 153 hp dan torsi 230 Nm. Kemudian transmisi yang digunakan otomatis CVT.

Fitur-fitur yang menjadi andalan di Tiggo 7 Pro di antaranya Smartsense Power Tailgate, Intelligent Voice Assistant, Electric Panoramic Sunroof, 360 Degree Camera, Head Unit 10,25 inci, meter cluster Fullscreen LCD 7 inci, dan bermacam fitur bantuan pengemudian aktif.

Lalu Tiggo 8 Pro merupakan mobil jenis SUV yang mengandalkan mesin bensin 2.0 liter turbo dengan transmisi Dual Clutch. Adapun daya yang dihasilkan mencapai 250 hp dan torsi maksimum 390 Nm.

Fitur-fitur yang dipasang pada Tiggo 8 Pro lebih lengkap lagi, terutama fitur ADAS-nya ditambah Adaptive Cruise Control, Traffic Sign Identification, Door Opening Warning, Blind Spot Detection, dan Forward Collision Warning.

Harga yang dipasang pada Tiggo 7 Pro mulai Rp368,5 juta, sedangkan Tiggo 8 Pro memiliki banderol mulai Rp528,5 juta OTR Jakarta

BMW New 3 Series (320i M Sport & 330i M Sport Pro) (2 Desember)

Memasuki Desemnber 2022, banyak jenama mobil Eropa yang merilis produk barunya di Tanah Air, diawali dengan BMW yang meluncurkan New 3 Series.

Ada dua model mobil yang masuk dalam BMW 3 Series, yakni 320i M Sport dan 330i M Sport Pro.

Secara garis besar ada 4 aspek ubahan yang diberikan pada produk 3 Series. Pertama adalah desain eksterior yang dibuat lebih sporty dan dinamis. Aspek selanjutnya adalah interior yang berkesan lebih mewah dan menawan.

Berikutnya adalah aspek penginkatan sektor digitalisasi. Hal tersebut diwujudkan dengan pemasangan BMW Operating System 8. Aspek terakhir adalah pemangkasan varian, namun menambah fitur-fitur pada setiap model.

Harga BMW New 3 Series Januari 2023 sudah berubah. Model 320i M Sport memiliki harga Rp997 juta off the road, sedangkan model 330i M Sport Pro dibanderol sebesar Rp1,097 miliar off the road.

Citroen C3, C5 Aircross, & e-C4 (7 Desember)

Citroen turut kembali ke pasar mobil Indonesia dengan menghadirkan 3 model andalan, Citroen C3, Citroen C5 Aircross dan mobil listrik murni Citroen e-C4.

Citroen C3 digadang-gadang akan menjadi pesaing untuk Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan Honda WR-V.

C3 mengandalkan mesin 1.2 liter dan transmisi manual. Tenaga yang dihasilkan mobil ini 81 hp, sedangkan torsi di angka 115 Nm.

Beberapa fitur yang disematkan pada C3 di antaranya Head Unit 10 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, sistem pengereman ABS + EBD, Rear Parking Sensor, Rear Camera, airbag, alarm dan immobilizer.

Citroen C5 Aircross merupakan SUV premium yang mengandalkan mesin bensin 1.6 liter turbo PureTech bertenaga 165 hp dan torsi 240 Nm.

Beberapa fitur keamanan yang disebutkan untuk mobil sebelumnya kurang lebih sama dengan Citroen C3. Selain itu di C5 Aircross terdapat Grip Control yang dapat mengatur mode berkendara (standard, snow, all terrain, sand) untuk melintasi berbagai medan jalan.

e-C4 adalah mobil listrik murni pertama Citroen Indonesia. Mobil listrik ini mengandalkan baterai bekapasitas 50 kWh dan motor listrik bertenaga 136 hp dan torsi 300 Nm.

Mobil tanpa emisi ini mampu menempuh jarak 350 km. Untuk akselerasi yang dicapai dari 0 hingga 100 km cukup dengan waktu 9 detik dan kecepatan tertinggi 150 km per jam.

Fitur-fitur yang dipasang pada e-C4 kurang lebih sama dengan model citroen lainnya.

Saat peluncurannya Citroen C3 dibanderol Rp255 juta OTR Jakarta. Sementara itu C5 Aircross dan 3-C4 belum diumumkan harga resminya, tetapi sudah disebutkan kisarannya. Dikatakan harga C5 Aircross sebesari Rp900 juta-an. Sementara itu, e-C4 diperkirakan sekitar Rp1 miliar.

Toyota GR Supra & Hilux GR Sport (7 Desember)

Toyota meluncurkan GR Supra terbaru dan juga Hilux GR Sport pada 7 Desember. Kedua produk tersebut merupakan mobil baru terakhir yang dirilis Toyota pada 2022.

Pada GR Supra terdapat penyempurnaan pada ride and handling mobil berdasarkan permintaan pelanggan. Pembaruan tersebut bersifat teknis, ada di sektor kaki-kaki mobil seperti shock absorber, bushing stabilizer, Chassis Control, Electric Power Steering, dan sebagainya.

Selain itu, ada juga update pada tampilan luar mobil dan opsi warna yang bertambah. Desain kokpit dalam mobil juga lebih canggih dengan penambahan fitur-fitur.

Untuk dapur pacunya menggunakan mesin bensin 3.000 cc berdaya 345 hp dan torsi 500 Nm, didukung transmisi otomatis 8 percepatan.

Selain GR Supra, Toyota juga menghadirkan mobil pikap Hilux dengan varian GR Sport. Hilux GR Sport memiliki perubahan pada eksterior, interior, mesin dan teknis serta fitur-fitur.

Perubahan yang utama ada di mesin diesel 2.800 c tipe 1GD-FTV berstandar emisi EURO4. Adapun tenaga yang dihasilkan mencapai 201 hp dan torsi 500 Nm.

Pembaruan tersebut dibuat untuk membuat Hilux berperforma lebih tinggi dan garang.

Harga yang dipasang untuk GR Supra terbaru mencapai lebih dari Rp2,1 miliar, sedangkan Hilux GR Sport harganya Rp731,4 juta OTR Jakarta.

Mercedes-Benz EQE & EQS (8 Desember)

Mercedes-Benz juga ikut meluncurkan mobil listrik baru di akhir 2022 dengan merilis EQE dan EQS.

Peluncuran dua mobil listrik tersebut merupakan awal dari transformasi Mercedes-Benz untuk menjual mobil listrik di dunia pada 2039.

Mercedes-Benz EQS dan EQE tersedia di beberapa diler terpilih di seluruh Indonesia. Model EQS dijual dengan harga off the road Rp3,41 miliar untuk varian 450+ AMG Line, sedangkan varian EQS 450+ Electric Art Line dijual dengan harga Rp2,984 miliar.

Di lain sisi, Mercedes-Benz EQE 350+ Electric Art Line memiliki harga off the road Rp2,215 miliar.

Mini Cooper 3-Door S Sport (12 Desember)

Mobil baru paling terakhir yang meluncur sebelum tutup 2022 ada Mini Cooper 3-Door S Sport.

Mobil Mini Cooper tiga pintu ini diluncukan berbarengan dengan acara peresmian diler Mini di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Pembaruan pada Cooper 3-Door adalah penambahan paket aksesori John Cooper Works (JCW) yang mana membuat tampilan mobil semakin unik dan sporty.

Harga yang disematkan pada Mini Cooper 3-Door S Sport ini adalah Rp1,2 miliar OTR Jakarta. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang