Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Semester Dua 2022 (Juli – September)

Berita Otomotif

Daftar Mobil Baru yang Meluncur di Indonesia Semester Dua 2022 (Juli – September)

Sepanjang semester dua 2022 ada puluhan mobil baru dari beragam merek meluncur di Indonesia. Simak daftar lengkapnya yang diawali dari periode Juli-September (kuartal ketiga).

Kuartal ketiga 2022 merupakan periode yang sangat sibuk untuk pasar mobil Indonesia, karena ada banyak sekali model mobil baru yang diluncurkan.

Terutama di Agustus, banyak jenama besar memanfaatkan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 untuk memperkenalkan produk-produk teranyarnya.

Beberapa jenama bahkan memanfaatkan pameran GIIAS untuk merilis lebih dari satu produk, seperti Suzuki, BMW, Subaru, dan Mini.

Secara total ada 7 mobil baru pada Juli, 19 mobil baru pada Agustus, dan satu unit baru pada September.

Untuk lebih rinci, di bawah ini daftar mobil baru yang meluncur pada Juli hingga September 2022.

New Toyota Calya Facelift (7 Juli)

Pada 7 Juli ada tiga pabrikan yang meluncurkan mobil baru.

Pertama, ada Toyota yang meluncurkan Calya facelift tanpa acara seremoni. Peluncuran Calya facelift hanya disiarkan melalui pernyataan pers.

Perubahan yang diberikan pada Calya terdapat di eksterior, interior dan juga penambahan fitur-fitur.

Di segi tampilan, pembaruan yang diberikan pada Calya ada di sisi gril, lampu depan, pelek, antena, desain kabin dan jok.

Selain itu ada juga penambahan fitur-fitur baru khususnya pada head unit Calya.

Dual SRS Airbag, ISOFIX, ABS & EBD, dan sabuk pengaman 3 titik sudah menjadi fitur keselamatan standar di semua tipe Calya.

Saat peluncurannya, Calya facelift diberi harga mulai Rp161,5 juta on thr road (OTR) Jakarta untuk tipe E M/T. Sekarang, harga yang termurah adalah Rp161,7 juta untuk varian 1.2 E M/T STD, sedangkan untuk tipe E M/T menjadi Rp164,6 juta.

Daihatsu Sigra Facelift (7 Juli)

Di hari yang sama, Daihatsu juga memperkenalkan Sigra facelift. Penyegaran Sigra yang kedua ini terdapat di tampilan luar dan dalamnya.

Sebut saja lampu depan, gril, spion samping elektrik pada tipe tertinggi, antena, pelek, kabin berwarna lebih gelap,

Di luar tampilan, tidak ada pembaruan lagi pada Sigra. Dapur pacu yang dipasang masih sama. Sigra tipe D dan M memakai mesin 1KR-VE 998 cc, DOHC, VVT-i, sedangkan tipe X dan R mengandalkan mesin 3 NR-VE 1.197 cc, DOHC, Dual VVT-i.

Pada peluncurannya, Daihatsu Sigra facelift diniagakan dengan harga mulai Rp129,5 juta OTR Jakarta, sedangkan di Januari 2023 harganya berubah menjadi mulai Rp131,5 juta.

New BMW X3 M & X4 M (7 Juli)

BMW juga merilis model baru berbarengan dengan Toyota dan Daihatsu. Model yang dihadirkan adalah New X3 M Competition dan X4 M Competition. Keduanya diluncurkan dengan sejumlah penyegaran.

Penyegaran yang dimaksud berada di eksterior, interior, dan peningkatan performa mesin.

Mulai dari eksterior, gril berdesain Kidney khas BMW, dilengkapi trim high gloss black. Lampu depan menjadi lebih rata, serta ada teknologi laser light. Air intake samping mobil juga menjadi baru.

Kedua mobil menggunakan M Forged Light Alloy Wheels Double-spoke style 892 M Bicolour 21 inci.

Di sisi interior BMW X3 dan X4 M juga berubah. Jok dibalut bahan Extended Merino, dan bisa diatur secara elektrik.

Beberapa fitur canggih juga dihadirkan pada kedua mobil, di antaranya Remote Engine Start, paddle switch pada lingkar setir, M Sport Exhaust System, M Compound Brake, M Sport Differential, M Suspension, M Servotronic, dan M Carbon Precision Strut.

Mesin yang diandalkan pada kedua mobil adalah mesin 6 silinder segaris yang dilengkapi crankshaft ringan dan transmisi Steptronic M delapan percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 510 hp, dan torsi maksimum 650 Nm.

Saat diluncurkan, New BMW X3 M Competition dijual dengan harga off the road Rp2,117 miliar, sedangkan model New X4 M Competition disematkan harga Rp2,167 miliar.

New Mazda2 Sedan & Mazda CX-8 (26 Juli)

Mazda merilis dua produk baru pada Juli 2022. Produk yang dimaksud adalah New Mazda2 Sedan dan New Mazda CX-8.

Mazda2 sedan memiliki tampilan yang mirip dengan versi hatcbacknya, dengan perbedaan paling terlihat di sisi belakang yang menjadi buntut mobil sedan, lengkap dengan ducktail-nya. Luas bagasi hampir 2 kali lipat dari bagasi versi hatchback.

Interior mobil ini memakai material berbasis kulit di segala sisi kabin. Lingkar kemudi mobil dilengkapi audio switches, paddle switch dan cruise control. Jok kursi pengemudi dapat diatur 6 arah.

Fitur-fitur unggulan yang disematkan pada Mazda2 di antaranya sistem audio MZD Connect TFT color display 7 inci, Commander Control, wireless charger, dan wireless Apple CarPlay.

Mazda2 Sedan memakai mesin yang sama dengan versi hatchbacknya, yakni Skyactiv-G 1.5, 4 silinder segaris DOHC, kapasitas 1.496 cc, didukung transmisi otomatis 6 percepatan.

New Mazda2 Sedan pada saat perilisannya dijual dengan harga Rp338 juta OTR Jakarta.

Produk baru Mazda lainnya yaitu New CX-8. SUV premium Mazda tersebut juga mendapatkan pembaruan pada tampilan luar dan penambahan fitur-fitur canggih.

Eksterior CX-8 terbaru memiliki desain KODO yang elegan. Gril depan berdesain baru dan LED Headlamo memiliki fitur Adaptive Front-Lighting System.

Roda mobil menggunakan pelek ukuran 19 inci dengan desain baru. Ditambah roof rail di atas mobil dan bumper depan berdesain rendah, tampilan CX-8 menjadi garang namun tetap anggun.

Pintu bagasi mobil memiliki fitur Hands-free Power Liftage, yang mana dapat dibuka tanpa menggunakan tangan, tetapi cukup menempatkan kaku di bawah sensor di bawah bumper belakang.

Sama halnya dengan Mazda2 Sedan, interior CX-8 berbalut material kulit warna hitam di segala sisi, mulai dari jok, tuas transmisi, setir mobil, dan beberapa titik lainnya.

Baris kedua berkonfigurasi Captain Seat, lengkap dengan Center Control dan Seat Ventilation. Pengaturan joknya pun sudah elektrik.

Fitur-fitur yang mendukung kenyamanan dalam mobil ada sistem audio BOSE, Mazda Connect, Wireless Smartphone Integration, dan Wireless Charging.

Harga yang dipasang pada CX-8 terbaru saat peluncurannya yaitu Rp795,5 juta OTR Jakarta.

New Hyundai Palisade (28 Juli)

Mobil baru terakhir yang meluncur pada Juli 2022 adalah New Hyundai Palisade, satu lagi mobil segmen SUV premium yang diberikan pembaruan.

New Palisade mendapatkan update yang mencakup eksterior dan interior yang lebih mewah dan stylish, dan juga tambahan fitur-fitur anyar.

Fascia New Palisade memiliki desain bumper dan gril Parametric Shield yang lebih menyatu dan lebar, lampu DRL juga melengkapi muka mobil ini.

Kemudian pelek yang digunakan berukuran 18 inci atau 20 inci tergantung variannya.

Masuk ke dalam kabin, material kulit ditemukan pada jok, memberikan kesan mewah. Jok juga dilengkapi fitur Ventilated Seat dan Heated Seat.

Pada dasbor terdapat display audio TFT Color Touch berukuran 12,3 inci. Kemudian fitur lain pada interior New Palisade ada sunroof, port charger USB-C, Wireless Smartphone Charger, dan Rear Seat Passenger Talk Mode.

Jantung pacu yang diandalkan mobil ini adalah mesin diesel tipe R. 2.2 L CRDI 4 silinder segaris dengan e-VGT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 197 hp, sedangkan torsi maksimumnya 440 Nm.

New Hyundai Palisade pada saat peluncurannya dijual dengan harga mulai dari Rp842 juta, dan pada awal 2023 harganya berubah jadi mulai dari Rp855,5 juta.

BMW iX & i4 (11 Agustus)

Memasuki Agustus 2022, banyak pabrikan mobil yang memanfaatkan GIIAS untuk meluncurkan mobil baru.

Salah satunya adalah BMW. Jenama asal Jerman ini merilis dua produk sekaligus, yaitu BMW iX dan i4. Keduanya merupakan mobil elektrifikasi terbaru BMW yang hadir di Indonesia.

BMW iX merupakan SUV All Wheel Drive (AWD) yang memanfaatkan motor listrik dan baterai lithium-ion kapasitas 76,6 kWh. Motor listriknya pun dapat menghasilkan tenaga 326 hp dan torsi 630 Nm.

Model lainnya yakni BMW i4 adalah mobil yang disebut sebagai gran coupe listrik pertama di dunia. I4 mengandalkan baterai lithium-ion berkapasitas 83,9 kWh. Tenaga yang dihasilkan motor listrik mobil ini sebesar 340 hp dan torsi 430 Nm.

Harga masing-masing mobil listrik BMW ini ketika diluncurkan adalah Rp2,332 miliar untuk iX dan Rp2,061 miliar untuk i4. Kedua harga tersebut berupa OTR Jakarta.

Mitsubishi Xpander Cross Facelift (11 Agustus)

Selanjutnya ada Mitsubishi yang meluncurkan Xpander Cross Facelift pada GIIAS 2022. Beberapa pembaruan yang diberikan di mobil ini terdapat pada tampilan dan fitur.

Sisi eksterior Xpander Cross terbaru dibuat lebih garang dengan penyematan gril berdesain Dynamic Shield, bumper depan-belakang, pelek 17 inci, LED Foglamp, dan wheel arc moulding yang lebih sempurna.

Demikian juga dengan sisi interior, update yang paling terlihat terletak pada lingkar setirnya berdesain seperti yang tersemat pada Mitsubishi Pajero Sport.

Xpander Cross Facelift dilengkapi dengan fitur Active Yaw Control (AYC) yang memampukan kendaraan bermanuver di tikungan basah atau licin dengan lebih aman.

Kemudian fitur-fitur terbaru lainnya ada Wireless Charger, LCD Meter Cluster 8 inci, dan Multi Round Monitor.

Saat peluncuran, Mitsubishi Xpander Cross Facelift dilepas dengan harga mulai dari Rp309,95 juta OTR Jakarta. Memasuki 2023, harganya sekarang mulai dari Rp312,95 juta.

Suzuki S-Presso & Baleno Hatchback Facelift (11 Agustus)

Suzuki juga tidak ketinggalan merilis dua mobil baru di GIIAS 2022. Dua mobil tersebut adalah S-Presso dan Baleno Hatchback Facelift.

Suzuki S-Presso debut di pasar mobil perkotaan Indonesia pada 11 Agustus 2022. Mobil ini berukuran panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.567 mm, dan wheelbase 2.380 mm.

Mobil mungil pabrikan asal Jepang ini mengandalkan mesin bensin 1.0 L 3 silinder, K10B DOHC dengan tenaga maksimum 67,05 hp per 5.500 rpm dan torsi puncak 90 Nm per 3.500 rpm. Mesin tersebut didukung oleh dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual atau Auto Gear Shift (AGS).

Harga yang ditawarkan pada S-presso saat peluncurannya yaitu Rp155 juta untuk varian manual, dan Rp164 juta untuk varian AGS.

Sementara itu, Baleno Hatchback Facelift mendapat beberapa pembaruan dalam segi tampilan, mau itu tampilan dalam atau tampilan luar.

Ubahan tampilannya seperti gril depan, bumper depan-belakang, LED headlamp, LED foglamp, spoiler belakang, aksen chrome pada jendela, pelek, dasbor, setir, meter cluster, dan tuas transmisi. Head unit juga didesain mengambang/floating.

Dapur pacunya juga berganti, dari sebelumnya mesin bensin 1.4 L K14B menjadi 1.5 L K15B. Tenaga dan torsi maksimumnya pun ikut berubah menjadi 104,6 ps dan 138 Nm.

Selain itu juga ada fitur-fitur baru penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara.

Harga yang disematkan pada Suzuki Baleno Hatchback Facelift adalah Rp262,9 juta varian MT dan Rp274,9 juta untuk tipe AT.

Hyundai Stargazer (11 Agustus)

Selanjutnya ada Hyundai yang merilis mobil MPV terbarunya, Hyundai Stargazer. Sebelum itu, mobil ini sudah diperkenalkan lebih dulu pada Juli.

Stargazer memiliki desain luar yang melengkung dan unik, demikian juga dengan sisi interior yang berkesan mewah, apalagi dengan opsi captain seat.

Beberapa fitur yang menjadi andalan pada mobil ini di antaranya bantuan pengendaraan aktif Hyundai Smartsense pada varian lebih tinggi, misalnya Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), dan High Beam Assist (HBA).

Hyundai Stargazer terdiri dari 4 tipe, mulai dari Active, Trend, Style, dan Prime.

Rentang harga yang disematkan pada Stargazer saat peluncuran mulai dari Rp243,3 juta hingga Rp307,1 juta. Sekarang, rentang harga tersebut berubah menjadi Rp247,2 juta hingga 311,8 juta OTR Jakarta.

Wuling Air EV (11 Agustus)

Berikutnya adalah mobil listrik yang diluncurkan oleh jenama asal Cina, yakni Wuling Air EV.

Wuling Air EV ini dirilis pada GIIAS 2022 dalam 2 tipe, yakni tipe Standard Range dan Long Range.

Pada tipe Standard Range disematkan baterai berkapasitas 17,3 kWh, memampukan mobil ini menempuh jarak hingga 200 km, sedangkan untuk tipe Long Range mengandalkan baterai kapasitas 26,7 kWh yang dikatakan dapat memberikan daya jelajah hingga 300 km.

Beberapa fitur unggulan yang melengkapi Air EV di antaranya Wuling Indonesia Voice Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV).

Pada varian Long Range ada fitur tambahan Remote AC dan Remote Car Search, Online Navigation, Music and Messaging.

Untuk penunjang keselamatan berkendara, Air EV juga dilengkapi fitur ABS dan EBD, TPMS, ISOFIX, suara mesin artifisial, Auto Door Lock, Immobilizer, serta Anti-theft Alarm.

Wuling Air EV dijual dengan harga Rp238 juta tipe Standard Range dan Rp295 juta tipe Long Range. Harga tersebut berupa OTR Jakarta.

Toyota GR 86 (11 Agustus)

Pabrikan asal Jepang Toyota merilis varian Gazoo Racing (GR) untuk Toyota 86. All New Toyota GR 86 menjadi model GR terbaru Toyota yang ada di Indonesia.

GR 86 dirilis dengan desain luar dan dalam yang terlihat lebih sporty dan garang.

Selain tampilan, mesin yang disematkan pada mobil ini pun juga baru, dari sebelumnya 2.000 cc menjadi boxer 2.400 cc. Untuk performanya, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga lebih besar 14%, yaitu 231,7 ps pada 7.000 rpm. Torsi pun juga meningkat 18% menjadi 250 Nm per 3.700 Nm.

Toyota merilis GR 86 dalam 2 varian, yaitu manual dan otomatis. Harga yang disematkan pada kedua tipe tersebut per Januari 2023 adalah Rp956,9 juta untuk manual, dan Rp973,4 untuk tipe otomatis.

Kia Carens (11 Agustus)

Masih dalam gelaran GIIAS 2022, kali ini Kia meluncurkan meluncurkan Kia Carens, mobil MPV yang bersaing dengan Kijang Innova.

Kia Carens tersedia dalam dua jenis mesin, yaitu mesin bensin 1.5 L Smartstream Gamma II berdaya 113,4 hp dan torsi 114 Nm, dan didukung transmisi IVT yang ditemukan pada mobil-mobil Hyundai.

Jenis mesin satu lagi adalah mesin bensin Kappa 1.4 L turbo yang dapat menghamburkan tenaga 138 hp dan torsi 242 Nm, serta memanfaatkan transmisi otomatis Dual Clutch 7 percepatan.

Fitur-fitur yang dipasang pada Carens di antaranya Ventilated Front Seat, Wireless Charging, Port USB Type-C, One Touch E-Tumble, 6 Airbag, Ambient Light, Sunroof mode Tilt & Slide, Head Unit Touchscreen 8 inci dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Kia Carens saat peluncurannya dijual dengan kisaran harga Rp389 juta hingga Rp449 juta, sedangkan pada Januari 2023 harganya meningkat menjadi Rp407 juta hingga Rp467 juta.

Subaru BRZ & XV (11 Agustus)

Subaru merilis 2 mobil sekaligus pada GIIAS 2022, yakni Subaru BRZ dan XV.

Subaru BRZ merupakan model terbaru yang mengandalkan mesin boxer 2.4 liter, dapat menghasilkan daya hingga 233,7 hp per 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada putaran 3.700 rpm. Sistem transmisi yang digunakan pada BRZ ada 2 jenis, yaitu transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan lengkap Degnan adaptive control dan paddle shifter.

Fitur-fitur yang ada pada Subaru BRZ di antaranya fitur keselamatan Subaru EyeSight, seperti Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert, ditambah dengan High Beam Assist sebagai opsi.

Subaru BRZ sekarang dijual dengan harga Rp825 juta untuk tipe manual dan Rp850 juta tipe otomatis. Harga tersebut berupa OTR Jakarta.

Selain BRZ, Subaru juga merilis model SUV terbaru, Subaru XV. Mobil ini terdiri dari 2 varian, yaitu XV 2.0i-S dan XV 2.0i-S EyeSight.

Kedua varian ini dilengkapi dengan mesin Subaru boxer 4 silinder 2.0 liter yang menghasilkan daya 153 hp dan tenaga putar 196 Nm.

Performa mesin tersebut dikirimkan ke roda melalui sistem transmisi Lineartronic CVT 7 percepatan yang tersambung dengan sistem S-AWD dan X-Mode terbaru.

Harga yang disematkan pada Subaru XV saat ini adalah Rp449,5 juta varian terendah dan Rp499,5 OTR Jakarta untuk tipe EyeSight.

Mini Resolute Edition & Clubman Untold Edition (11 Agustus)

Pada GIIAS 2022, Mini Indonesia menghadirkan edisi spesial untuk beberapa produknya.

Mini 3-door, 5-door, Cabrio, dan Electric memiliki tampilan baru dalam Resolute Edition. Demikian juga dengan Mini Clubman yang dibawa dalam Untold Edition.

Tampilan model Mini Resolute Edition memiliki warna Rebel Green. Warna hijau tersebut sebelumnya merupakan warna eksklusif produk John Cooper Works, didukung dengan aksen Pepper White di berbagai sisi seperti atap dan spion samping.

Sementara itu, Mini Clubman Untold Edition memiliki warna Sage Green Metallic dan desain bodi terinspirasi dari John Cooper Works Aerodynamic Kit.

Kisaran harga Mini edisi spesial ini saat peluncurannya yaitu mulai dari Rp843 juta hingga Rp989 juta off the road.

Daihatsu Rocky (11 Agustus)

Daihatsu juga memberikan penyegaran model pada Rocky di gelaran GIIAS 2022.

Pembaruan tersebut bisa dikatakan sangat cepat. Untuk diketahui, Rocky debut di Indonesia pada April 2021. Dengan kata lain, SUV kompak ini mendapatkan penyegaran saat umurnya kurang dari 1,5 tahun.

Update minim yang diberikan pun ada di sektor eksterior yang menjadi lebih sporty, seperti black grille ornament, black outer mirror dan A-pillar, Gun Metal Skid Plate, dan pelek Black Alloy ukuran 16 inci untuk varian 1.2 L.

Adapun kisaran harga Daihatsu Rocky berdasarkan situs web resminya, diakses 9 Januari 2023, mulai dari Rp205,2 juta hingga Rp273,6 juta OTR Jakarta, dengan catatan harga tersebut berlaku untuk Rocky tahun produksi 2022.

New Audi Q7 (11 Agustus)

Jenama terakhir yang memanfaatkan GIIAS 2022 untuk meluncurkan mobil baru adalah Audi yang merilis New Q7.

Perubahan yang diberikan pada SUV mewah Audi ini terdapat pada eksterior dan mesinnya.

Mobil ini memiliki bahasa desain yang anyar, terlihat dari gril segi delapan berukuran besar. Selain itu New Q7 memakai teknologi suspensi udara.

Mesin yang diandalkan New Audi Q7 adalah mesin bensin V6 3.0 L didukung transmisi Tiptronic 8 percepatan. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 340 hp, sedangkan torsi tertinggi 500 Nm.

New Q7 ini hanya tersedia dalam satu tipe, yakni 3.0 TFSI quattro. Adapun harganya saat peluncuran yaitu Rp2,192 miliar off the road.

Daihatsu Gran Max (30 Agustus)

Masih di Agustus, Daihatsu kembali merilis pembaruan dari Gran Max versi 1.5. Penyegaran ini merupakan yang pertama diberikan kepada Gran Max sejak peluncuran pertamanya di 2007.

Perubahannya adalah mesin yang digunakan sama dengan yang tersemat pada All New Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, yaitu 1.5 L 2NR-VE. Tenaga yang dihasilkan menjadi 97 hp dan torsi puncak di angka 134 Nm.

Selain mesin, Gran Max terbaru juga memakai Electric Power Steering. Ditambah lagi ukuran pelek lebih besar, menjadi 14 inci. Demikian juga dengan ground clearance bertambah 15 mm, dan penambahan ruang penyimpanan dalam kabin.

Gran Max 1.5 terbaru dijual dengan harga mulai Rp151,5 juta untuk tipe pikap, dan Rp163,85 untuk tipe minibus. Harga tersebut berupa OTR Jakarta untuk Gran Max tahun produksi 2022.

New Range Rover (26 September)

Pada September 2022, hanya ada satu mobil baru yaitu New Range Rover. Mobil ini dirilis pada 26 September 2022.

Range Rover generasi kelima ini mendapat pembaruan di beberapa bagian, misalnya gril, bumper, material jok dan interior.

Adapun Range Rover terbaru ini tersedia dalam pilihan mild hybrid dan Plug-in Hybrid (PHEV).

Untuk tipe mild hybrid terdapat opsi mesin bensin P360 dan P400. Keduanya berkapasitas 3.000 cc, namun dengan performa berbeda. Tipe P360 bertenaga 360 ps dan torsi 500 Nm, sedangkan tipe P400 berdaya 400 ps dan torsi 550 Nm.

Sementara itu, Range Rover tipe PHEV memakai mesin bensin 3.000 cc dan tambahan baterai kapasitas 38,2 kWh dan motor listrik berdaya 142 ps.

Kisaran harga Range Rover ini mulai dari Rp5,9 miliar off the road hingga di atas Rp6 miliar. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang