Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Chery Tunda Rencana Bikin Pabrik Milik Sendiri di Indonesia, Ini Penyebabnya

Berita Otomotif

Chery Tunda Rencana Bikin Pabrik Milik Sendiri di Indonesia, Ini Penyebabnya

WUHU – Chery menunda rencana untuk membangun pabrik milik mereka sendiri di Indonesia karena beberapa alasan.

Chery mulai berjualan kembali di Indonesia sejak Oktober 2022. Dua model pertama mereka, Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro, langsung dirakit di pabrik milik rekanan yaitu PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi.

Model-model mereka selanjutnya yakni Chery Omoda 5, Chery Omoda E5, dan Chery Tiggo 5X pun diproduksi di sana. Ini dilakukan sembari menunggu momen untuk membuat pabrik milik sendiri.

President Chery International Zhang Guibing, dalam sesi wawancara eksklusif dengan Mobil123.com pada akhir April 2024 di Wuhu, China mengatakan bahwa keinginan untuk mendirikan pabrik Chery di Indonesia untuk sementara ini tertahan. Alasan pertamanya adalah karena penjualan yang belum sesuai ekspektasi.

Chery Omoda 5

“Sebenarnya, rencana kami adalah untuk membuat pabrik sendiri secepatnya. Tapi, sayangnya, saya menilai performa kami di sana (Indonesia) belum cukup. Volume penjualan kami belum sebesar yang saya kehendaki,” tukas Zhang menanggapi pertanyaan Mobil123.com.

Alasan kedua, partner perakitan lokal Chery di Tanah Air yaitu HMI ia nilai punya performa yang cukup bagus. HMI dapat memenuhi keinginan Chery terkait manufakturing dan punya komunikasi yang baik.

“Secara umum, kami sejauh ini masih puas (melakukan perakitan lokal) dengan mereka, walaupun pabrik itu milik mereka dan bukan punya kami. Sekarang, volume produksi di sana juga kami tingkatkan terus secara bertahap, sehingga menambah lebih banyak lagi lapangan kerja,” ujar Zhang.

Chery Tiggo 5X

Dalam waktu tak sampai dua tahun, Chery sebenarnya sudah mampu menguntit 10 besar merek mobil terlaris di pasar Indonesia yang notabene amat didominasi merek-merek Jepang.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa penjualan retail Chery untuk periode Januari-April 2024 mencapai 2.066 unit, meroket 140,5 persen dibandingkan jangka waktu yang sama pada 2023 (year on year/yoy).

Chery menjadi merek mobil terlaris ke-11 di negeri ini, dengan pangsa pasar 0,7 persen. Zhang menegaskan kalau ia menginginkan lebih dari itu.

“Untuk Chery, untuk saya, kapan pun saya siap menuju ke sana (membangun pabrik sendiri). Tapi isu kuncinya adalah tim di Indonesia. Mereka benar-benar perlu membuat konsumen di Indonesia senang. Jika mereka senang, percayalah, mereka akan membeli lebih banyak mobil lagi dari kami dan kami pun butuh meningkatkan kapasitas produksi pabrik secepatnya dan kami dapat menanamkan investasi baru untuk pabrik milik kami sendiri. Apalagi, Indonesia adalah lokasi strategis sebagai salah satu basis produksi kami,” terang Zhang. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang