Carlos Ghosn Merasa Dijatuhkan oleh Permainan Kotor

Berita Otomotif

Carlos Ghosn Merasa Dijatuhkan oleh Permainan Kotor

TOKYO - Mantan boss Nissan Carlos Ghosn bicara blak-blakan soal persoalan yang menimpanya dalam sebuah video. Ia mengecam management perusahaan saat ini melakukan hasutan kudeta, penghianatan untuk menyingkirkannya.

Goshn sejatinya adalah pahlawan bagi Nissan yang akan bangkrut pada 1999. Ia mengatakan bahwa kondisi pabrikan asal Jepang yang diselamatkannya saat ini punya petinggi-petinggi yang tidak punya visi. 

Tanpa menunjuk hidung, Ghosn mengatakan para petinggi Nissan tersebut kehilangan kendali ketika Nissan melakukan merger dengan mitra aliansinya Renault. Dan, ini akhirnya mendorong mereka untuk melakukan rencana menjegal dia.

Ghosn menggambarkan tentang suite eksekutif licik dalam pesan video tujuh setengah menit yang ditayangkan oleh pengacaranya 9 April di Foreign Correspondents Club of Japan di Tokyo.

Dalam gambar terlihat Ghosn cukup tenang dengan mengenakan jaket biru dan kemeja putih. Wajahnya pun tampak sedikit cekung, kurus dan lelah serta rambutnya mulai memutih.

"Ini bukan tentang keserakahan. Ini bukan tentang kediktatoran. Ini tentang plot. Ini tentang konspirasi. Ini tentang pengkhianatan," kata Ghosn. 

Ia juga mengatakan, awalnya ada ketakutan bahwa langkah aliansi menuju merger. Pada titik merger, dengan cara tertentu akan mengancam beberapa orang atau pada akhirnya mengancam otonomi Nissan.

Junichiro Hironaka, selaku pengacaranya mengatakan video itu direkam 3 April. Sehari sebelum mantan ketua Renault, Nissan dan Mitsubishi Motors ditangkap untuk keempat kalinya di Jepang. Penangkapan ini karena Ia dicurigai melakukan pelanggaran keuangan selama waktunya di pucuk pimpinan Nissan.

Masih dalam videonya, Ghosn menggambarkan dirinya sebagai loyalis Nissan yang mencintai perusahaan dan selalu bertindak demi kepentingan terbaiknya. Dia mengatakan kemerdekaan Nissan tidak pernah sekalipun terancam dalam 19 tahun terakhir dan menyebut dirinya "pembela otonomi Nissan paling sengit".

Meski begitu, Ghosn mengecam kondisi bisnis Nissan saat ini biasa-biasa saja. Dia mengutip tiga peringatan laba dalam beberapa tahun terakhir dan banyak skandal tanpa disebut secara spesifik.

"Saya berbicara di sini tentang beberapa eksekutif. Jelas mereka lebih memikirkan kepentingan sendiri dan keegoisan itu sendiri menciptakan banyak penghancuran nilai. Nama? Anda kenal mereka. Aku berbicara tentang orang-orang yang benar-benar memainkan permainan yang sangat kotor," tutup  Ghosn.

Berikut video lengkapnya. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support