Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Sederhana Bedakan Aki Baru dengan Rekondisi

Panduan Pembeli

Cara Sederhana Bedakan Aki Baru dengan Rekondisi

JAKARTA – Mahalnya aki mobil rupanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk merekondisi aki.

Celakanya  Aki rekondisi tersebut ditawarkan sebagai barang baru, namun umumnya harga jualnya terbilang lebih murah dan tidak ada garansi. Usia pemakaian aki rekondisi pun berada jauh di bawah versi baru yang dijual secara resmi. Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui mana aki baru atau rekondisi?

Muksin, Technical Operasional Fast Pancoran mengatakan ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat oleh pelanggan agar tidak tertipu oleh pedagang aki. Dengan demikian, resiko mengalami kerugian bisa lebih diminimalisir.

“Pertama lihat dari terminal aki. Terminal aki rekondisi biasanya sudah terdapat goresan-goresan. Selain itu umumnya cover dari aki sudah menggelembung, berbeda dengan aki baru yang biasanya masih rata dan rapi,” tambahnya.

Ia pun menyarankan pelanggan untuk memperhatikan warna dari aki itu sendiri. Aki baru akan memiliki warna yang lebih cerah, sementara warna dari aki rekondisi umumnya sudah mulai pudar dan kusam.

Ciri-ciri tersebut bisa ditemukan pada aki basah rekondisi maupun aki kering rekondisi. Hanya saja umumnya aki rekondisi lebih sering ditemukan pada aki basah karena lebih mudah pengerjaannya. 

Muksin pun menjelaskan ada beberapa cara sederhana untuk terhindar dari membeli aki rekondisi. Salah satu cara paling mudah adalah dengan membelinya di toko aki yang sudah terpercaya dan memiliki latar belakang perusahaan baik.

“Karena umumnya aki rekondisi dijual di toko-toko aki pinggir jalan. Selain itu, pedagang aki rekondisi biasanya juga memberikan harga relatif lebih murah dari harga pasar umumnya sehingga pelanggan bisa lebih tertarik,” pungkasnya. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang