Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Bikers Hindari Begal di Jalan

Berita Otomotif

Cara Bikers Hindari Begal di Jalan

JAKARTA – Bikers wajib memiliki beberapa trik jitu untuk menghalau potensi begal di jalanan.

Berkendara dengan menggunakan sepedamotor di malam hari, menjadi momok bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan dihantui oleh begal yang kerap beraksi pada malam hari dan tempat-tempat sepi minim penerangan.

Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang kehilangan pekerjaan dan mengalami kesulitan keuangan. Hal ini mendorong aksi begal semakin banyak terjadi di beberapa ruas jalan. Pengendara sepedamotor khususnya, harus memiliki persiapan tersendiri untuk mencegah dari incaran begal. Berikut ini beberapa tips menghindari begal seperti dikutip dari laman resmi Wahana Honda.

1. Pilih rute yang Anda kuasai
Cara pertama untuk menghindari begal adalah dengan memilih rute yang sudah biasa Anda lewati. Tak perlu mencari jalan tikus yang dapat mengantarkan Anda lebih cepat sampai ke tujuan. Daripada membahayakan keselamatan nyawa sendiri, lebih baik Anda melewati jalanan yang agak jauh namun terjamin aman.

2. Pilih jalanan yang ramai dan banyak penerangan
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, begal kerap melancarkan aksinya di jalanan yang sepi dan minim pencahayaan. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memilih jalanan yang lebih ramai dan banyak dilewati oleh pengendara sekaligus memiliki pencahayaan cukup terang.

Sehingga, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lebih mudah bagi Anda untuk meminta bantuan atau pertolongan.

3. Ajak seorang teman berboncengan
Jika Anda terpaksa harus berkendara di malam hari, sebaiknya ajak seorang teman untuk berboncengan. Cara ini terbukti ampuh menghindarkan Anda dari tindak kejahatan begal. Karena biasanya, para pelaku begal hanya menargetkan pengendara motor yang sendirian.

4. Periksa seluruh komponen motor sebelum berkendara
Sebelum Anda berkendara, ada baiknya untuk memeriksa setiap kondisi komponen motor yang terpasang. Hal ini untuk menghindari kendaraan Anda mogok di tengah jalan. Apalagi jika mogoknya di tempat yang sepi dan jarang dilewati oleh pengendara lain.

Periksa setiap bagian yang penting mulai dari busi, karburator, ban motor, rantai, aki dan lain-lain. Pastikan semuanya dalam kondisi prima agar tidak muncul kendala saat digunakan berkendara.
Tips Bikers anti Begal

5. Bawa senjata untuk perlindungan diri
Jika Anda terpaksa harus berkendara sendirian di tengah malam. Maka pastikan Anda membawa senjata untuk melindungi diri sendiri. Tidak perlu menggunakan benda-benda tajam. Cukup bekali diri dengan chili atau pepper spray dan alat setrum kejut.

6. Tekan klakson terus menerus saat dibuntuti pengendara misterius
Jika Anda merasa diikuti oleh pengendara misterius dari belakang. Maka coba kendalikan diri Anda, pastikan untuk tetap tenang dan fokus pada jalanan yang ada di depan. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol klakson terus menerus tanpa putus agar dapat menarik perhatian pengendara lain yang mungkin ada jauh di depan atau belakang Anda. 

7. Gunakan peralatan berkendara yang lengkap
Helm, jaket dan sarung tangan merupakan salah satu kelengkapan berkendara yang harus Anda gunakan. Dengan helm, Anda bisa terhindar dari pukulan benda tumpul atau serangan benda tajam yang mengarah ke kepala.

Nah, untuk jaket, Anda bisa menggunakan jaket yang berbahan tebal. Agar tidak terluka parah saat diserang oleh pelaku begal. [Dew/Ari]

 



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Reporter

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang