Cara Aman Menyimpan Oli Kendaraan

Panduan Pembeli

Cara Aman Menyimpan Oli Kendaraan

JAKARTA – Menyimpan oli ternyata memiliki triknya sendiri, tujuannya agar dapat menjaga kualitas oli agar tetap berada dalam kondisi prima.

Indra Ardianti, Sales Manager Commercial Vehicle Lubricants PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan bahwa idealnya oli disimpan di dalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang cukup agar kualitasnya tetap terjaga.

“Sementara kalau di luar ruangan, maka tempatnya harus ada atapnya agar tidak tergenang air. Nah kalau tidak ada atap, maka dasar botol oli sebaiknya diganjal sehingga posisinya agak miring. Tujuannya agar air tidak menggenang. Lantas, posisi tutup tidak boleh ada di posisi rendah karena untuk mengindari air ada di sekitar tutup atau menggenangi tutup oli. Resikonya air dapat masuk ke dalam dan merusak oli,” terang Indra.

Selain itu, Ia juga mempersilahkan penyimpanan oli dengan botol atau drum oli diposisikan tidur. Namun Ia menegaskan bahwa tutup oli harus berada diposisi tengah. Hal ini untuk memastikan bahwa tutup drum terendam oli.

“Karena oli itu tidak sepenuhnya full, masih ada sisi kosongnya sedikit. Nah bila tutupnya berada di celah kosong, sangat memungkinkan untuk terkontaminasi dengan udara luar yang bisa merusak kualitas oli tersebut,” tutupnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual