Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Cara Aman Menyimpan Oli Kendaraan

Panduan Pembeli

Cara Aman Menyimpan Oli Kendaraan

JAKARTA – Menyimpan oli ternyata memiliki triknya sendiri, tujuannya agar dapat menjaga kualitas oli agar tetap berada dalam kondisi prima.

Indra Ardianti, Sales Manager Commercial Vehicle Lubricants PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan bahwa idealnya oli disimpan di dalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang cukup agar kualitasnya tetap terjaga.

“Sementara kalau di luar ruangan, maka tempatnya harus ada atapnya agar tidak tergenang air. Nah kalau tidak ada atap, maka dasar botol oli sebaiknya diganjal sehingga posisinya agak miring. Tujuannya agar air tidak menggenang. Lantas, posisi tutup tidak boleh ada di posisi rendah karena untuk mengindari air ada di sekitar tutup atau menggenangi tutup oli. Resikonya air dapat masuk ke dalam dan merusak oli,” terang Indra.

Selain itu, Ia juga mempersilahkan penyimpanan oli dengan botol atau drum oli diposisikan tidur. Namun Ia menegaskan bahwa tutup oli harus berada diposisi tengah. Hal ini untuk memastikan bahwa tutup drum terendam oli.

“Karena oli itu tidak sepenuhnya full, masih ada sisi kosongnya sedikit. Nah bila tutupnya berada di celah kosong, sangat memungkinkan untuk terkontaminasi dengan udara luar yang bisa merusak kualitas oli tersebut,” tutupnya. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang