Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Kena Skandal Tes Keselamatan lagi di Jepang, Kali Ini 7 Model Terdampak

Berita Otomotif

Toyota Kena Skandal Tes Keselamatan lagi di Jepang, Kali Ini 7 Model Terdampak

TOKYO – Toyota tersandung kasus sertifikasi uji keselamatan lagi di Jepang yang sekarang melibatkan tujuh model.

Toyota, melalui keterangan resmi pada Senin (3/6/2024), mengakui tujuh model mereka mendapatkan sertifikasi keselamatan dari pemerintah Jepang lewat tes yang berbeda dari standar yang telah ditetapkan.

Ini merupakan hasil dari investigasi Toyota Motor Corporation, berdasarkan perintah dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Turisme Jepang tertanggal 26 Januari 2024 silam.

Dari ketujuh model itu, sebagian di antaranya sudah didiskontinu sejak 2014. Daftar modelnya terdiri dari Toyota Crown, Toyota Isis, Toyota Corolla Axio, Toyota Corolla Fielder, Toyota Sienta, Toyota Yaris Cross, plus Lexus RX.

Akio Toyoda

Sebelumnya, Toyota juga tersandung isu skandal sertifikasi tes keselamatan untuk Hino Motors, Daihatsu Motors Corporation, maupun Toyota Industries Corporation. Investigasi internal dari merek mobil terlaris di dunia tersebut masih terus berlanjut hingga detik ini.

“Kami sudah melaporkan (temuan terbaru—Red) ini kepada Kementerian pada 31 Mei. Persoalan ini melibatkan dua perusahaan, Toyota Motor Corporation dan Toyota Motor East Japan,” ucap Chairman Toyota Motor Akio Toyoda.

“Sebagai orang yang bertanggungjawab di Toyota Group, saya menyampaikan maaf sedalam-dalamnya kepada para konsumen kami, para penggemar otomotif, dan seluruh pemangku kepentingan dalam isu tersebut, menyusul Hino, Daihatsu, serta Toyota Industries Corporation. Saya benar-benar memohon maaf,” lanjut dia.

Akio Toyoda

Toyota memberikan data hasil tes proteksi pejalan kaki serta penumpang yang tidak memadai untuk Corolla Fielder, Axio, plus Yaris Cross. Lalu, ada eror terkait tes tabrak maupun metode pengujian-pengujian keselamatan yang lain untuk model Crown, Isis, Sienta, RX yang sudah setop dijual.

Di sisi lain, meski metode tes keselamatan tak sesuai dengan ketentuan pemerintah, Toyota memastikan bahwa tujuh model di atas tidak menunjukkan masalah pada performa.

Namun, tetap saja, Toyota untuk sementara waktu menghentikan pendistribusian atau pun penjualan dari tiga model yang masih mereka jual (Corolla Fielder, Corolla Axio, Yaris Cross mulai Senin kemarin.

“Kendaraan hanya bisa diproduksi dan dijual setelah memenuhi tes sertifikasi sesuai standar. Poin dari isu ini adalah kendaraan-kendaraan itu diproduksi massal dan dipasarkan tanpa melalui proses sertifikasi yang dibenarkan,” tutup Toyoda. [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang