Penjualan Honda Brio Lengserkan Toyota Avanza

Berita Otomotif

Penjualan Honda Brio Lengserkan Toyota Avanza

JAKARTA – Honda Brio berhasil mengungguli Toyota Avanza pada penjualan kendaraan di bulan September 2020.

Berdasarkan data yang kami miliki, total penjualan Honda Brio dari semua varian mencapai 3.622 unit. Jumlah ini lebih besar ketimbang penjualan Toyota Avanza yang hanya terjual 2.541 unit pada periode yang sama.

Dengan hasil ini, Honda Brio pun berhasil menjadi pemimpin pasar di segmen city car dan LCGC hatchback. Sementara itu, meski Toyota Avanza jumlah penjulannya tidak setinggi Honda Brio, tetap memimpin pasar low MPV. 

Secara umum, penjualan Honda di Indonesia sudah mulai menunjukkan perbaikan meski pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih jauh dari kata selesai. Tercatat dalam empat bulan terakhir, Honda berhasil meningkatkan angka penjualannya.

Sepanjang September 2020, Honda membukukan penjualan retail sebanyak 5.835 unit secara nasional atau meningkat 20 persen dibanding penjualan bulan sebelumnya. Secara total, penjualan Honda di tahun ini telah terkumpul sebanyak 55.548 unit.

Honda Brio pun menjadi model yang paling laris dari Honda dengan menyumbangkan 62 persen dari total penjualan. Sedikitnya, ada 3.622 unit yang berhasil terjual. Angka tersebut pun menjadikan Honda Brio sebagai model terlaris di Indonesia sepanjang September 2020.

Jumlah ini jauh mengungguli penjualan Toyota Avanza yang hanya berhasil menjual sebanyak 2.541 unit sepanjang bulan September 2020.

Dari jumlah tersebut, Honda Brio Satya menjadi model dengan penjualan tertinggi bagi Honda dengan total 2.507 unit, meningkat 33 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara itu, penjualan Honda Brio RS juga meningkat sebesar 80 persen dari 621 unit menjadi 1.115 unit di bulan September 2020.

Honda Brio

Model-model Honda yang lainnya juga menunjukkan tren penjualan yang positif. Honda Mobilio misalnya yang berhasil membukukan penjualan total sebesar 526 unit, meningkat 29% dari bulan Agustus yang tercatat sebesar 408 unit.

Kemudian Honda HR-V 1.5L terjual sebanyak 773 unit, meningkat 3% dari bulan sebelumnya yang terjual sebesar 751 unit. Honda Civic Sedan yang terjual 43 unit, meningkat 39% dari bulan sebelumnya dan Honda Odyssey yang terjual 13 unit di bulan September, meningkat dari bulan sebelumnya yang terjual 4 unit.

Selain itu, Honda Jazz juga turut berkontribusi dalam penjualan Honda di bulan September dengan menyumbangkan penjualan sebesar 328 unit, Honda CR-V terjual sebanyak 253 unit, Honda BR-V terjual sebesar 154 unit, Honda Civic Hatchback terjual sebesar 87 unit, Honda City terjual sebesar 18 unit, Honda Accord terjual sebesar 17 unit, dan Honda HR-V 1.8L terjual sebanyak 1 unit.

“Pencapaian tersebut didukung oleh aktivitas ekonomi yang mulai berjalan secara bertahap serta kemudahan konsumen melakukan pembelian melalui lembaga pembiayaan dan berbagai program penjualan yang kami tawarkan. Tentunya kami akan terus memonitor perkembangan kondisi di kuartal terakhir tahun ini dan berharap stabilitas pasar dan ekonomi akan terus terjaga,” terang Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar