Bom Waktu Kredit Macet dari Taksi Online

Berita Otomotif

Bom Waktu Kredit Macet dari Taksi Online

JAKARTA - PT Astra Credit Company (ACC) memperhitungkan potensi kredit macet pada usaha taksi online dan memiliki solusi terbaik bekerjasama langung dengan perusahaan taksi online Grab.

Maraknya bisnis taksi online ternyata memiliki bom waktu yakni memiliki potensi terjadinya Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet. Hal ini diungkap oleh ACC, hingga bulan Mei 2017 terdapat 5 persen dari total tarikan. 

"Meski jumlahnya masih tergolong kecil, namun ini tiba-tiba terjadi lonjakan dari nol langsung ke 5 persen," jelas Samuel manasseh, Financial Director PT ACC.

Samuel menambahkan, di awal pengajuan kredit, tidak terbaca mobil akan digunakan konsumen untuk taksi online, hanya penggunaan pribadi. Tapi begitu ada penarikan baru ketahuan peruntukannya. Saat dilakukan investigasi seperti ke lingkungan konsumen saat dilakukan tarikan, biasanya para tetangganya memberitahu jika mobil tersebut digunakan untuk taksi online. 

Ke depan, ACC akan lebih jeli dalam memberikan kredit. Analisisnya akan beda ke depannya dengan penggunaan pribadi. 

"Jika konsumen adalah karyawan atau pengusaha sumber pendapatannya jelas. Jika taksi online kita akan evaluasi lebih lanjut. Menjamurnya orang yang terjun ke bisnis ini tentu membuat persaingan makin berat, apalagi sampai sekarang tidak terdata berapa jumlah mobil yang digunakan untuk taksi online. Dengan ini tentunya akan berpengaruh dengan ketatnya pendapatan driver," ujar Samuel.  

Selain itu, sejatinya ACC punya program khusus untuk taksi online yakni melakukan kerjasama dengan salah satu penyedia jasa transportasi taksi online.

"Kita secara resmi bekerjasama dengan Grab untuk melakukan pembiayaan anggotanya. Dana langsung kami salurkan dengan skema khusus untuk driver-driver Grab," jelas Samuel.

Ia menambahkan, kerjasama dengan Grab tentunya ada unsur tanggung jawab dan jelas. Misalnya ada driver yang sudah diatur secara financial oleh Grab kemudian bermasalah, maka mobil dan kredit akan dialihkan ke driver lain sebagai pengganti. [Ari]
 

Temukan mobil idaman di Mobil123          
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual