BMW i8 Akhirnya Disuntik Mati, Ini Penampakan Unit Terakhir yang Dibuat

Berita Otomotif

BMW i8 Akhirnya Disuntik Mati, Ini Penampakan Unit Terakhir yang Dibuat

LEIPZIG – BMW i8 resmi tutup usia di umur enam tahun.

Produksi i8 di Leipzig, Jerman akhirnya berhenti pada Juni 2020 sejak kemunculan perdananya pada 2014. Penyetopan produksi seharusnya sudah dilakukan sejak April, tapi molor karena pandemi virus Corona (Covid-19).

Pabrikan asal Jerman tersebut sudah memproduksi 20.500 unit mobil sport berteknologi plug-in hybrid (PHEV) tersebut. Unit terakhirnya adalah i8 Roadster berwarna Portimao Blue milik seorang konsumen dari ‘Negeri Bavaria’.

Unit itu adalah satu dari 18 unit terakhir yang diproduksi dengan banyak modifikasi, khususnya pada warna maupun trim. BMW juga telah membuat  i8 Ultimate Sophisto Edition, edisi spesial yang hanya ada 200 unit di seluruh dunia.

“i8 adalah kendaraan unik hasil rakitan bakat-bakat kami yang unik pula. Pengalaman yang kami dapat di sini, di Leipzig, membuat kami memiliki kemampuan membuat konstruksi berbobot ringan yang unik di industri otomotif. i8 adalah bagian integral dari Leipzig. Model tersebut sudah seperti duta merek BMW Group maupun juga pabrik ini,” ucap Hans-Peter Kemsert, Manager Pabrik Leipzig.

I8 menjadi salah satu model pertama yang ‘membentuk’ jalan BMW di sektor mobil listrik. Kendaraan bertampang futuristik ini dibangun di atas sasis alumunium dengan sel kabin penumpang dari material Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP), sebagai kompensasi dari bobot baterainya.

Gelontoran tenaganya mencapai 369 hp, dengan torsi 570 Nm. Di Indonesia, i8 pertama kali diperlihatkan sebagai mobil eksebisi dalam pameran IIMS 2014.

Dua tahun kemudian, BMW Group Indonesia merilis i8 Coupe. Mereka kemudian melanjutkannya dengan menerjunkan i8 Roadster pada 2018.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi mereka, i8 sudah tidak lagi tercantum dalam daftar harga terbaru. Hanya mobil listrik murni i3 yang masih ditawarkan ke publik.

Merek mobil premium yang menjadi kompetitor abadi Mercedes-Benz ini dikabarkan sedang menggarap suksesor i8. Sang penerus sudah diperlihatkan dalam bentuk purwarupa sebagai Vision M Next Concept yang mempunyai tampang terinspirasi dari M1.

Sistem penggeraknya dilaporkan bakal mengusung mesin turbo empat silinder yang dipadukan dengan satu atau dua motor listrik. Tenaganya digadang-gadang bisa mencapai 600 hp.

Jarak tempuh sang penerus dengan mode berkendara murni listrik kemungkinan mencapai 60 mil (sekitar 100 km). Ini berbeda jauh dari i8 yang hanya 29 km. Konon, peluncurannya bakal terjadi pada 2023. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar