Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

BMW Diskusikan Rencana Perakitan Mobil PHEV di Indonesia

Berita Otomotif

BMW Diskusikan Rencana Perakitan Mobil PHEV di Indonesia

JAKARTA - Peluang BMW memproduksi mobil plug-in hybrid (PHEV) di Indonesia lebih besar ketimbang mobil listrik murni. Mereka sendiri masih terus mempelajarinya.

Seperti diketahui, teknologi mobil listrik beraneka ragam. Ada yang masih mengombinasikan mesin konvensional dengan sistem penggerak elektrik seperti mild hybrid, hybrid, serta PHEV dan ada pula mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Pada 2022, BMW Group berencana meluncurkan tiga mobil listrik murni yaitu MINI E, BMW iX, serta BMW i4. Namun, kemungkinan perakitan lokal model-model itu disebut kecil.

“Kalau untuk mobil listrik murni, sekarang saja baru pabrik-pabrik BMW tertentu yang bisa memproduksi. Jadi, memang belum bisa di semua pabrik juga,” ucap Director of Communication BMW Group Indonesia Jodie O’Tania dalam acara Buka Puasa Bersama Media pada 27 April 2022 di Serpong, Tangerang.

mobil listrik PHEV BMW

Kendaraan PHEV dari model-model yang sudah eksis, di sisi lain, disebut lebih masuk akal diproduksi di Indonesia. Model-model bermesin konvensional dari BMW maupun MINI sudah dirakit lokal terlebih dahulu.

“PHEV akan lebih memungkinkan karena di Indonesia kami sudah merakit hampir semua model kendaraan BMW. Bahkan MINI. Jadi, kalau kami mau melakukan perakitan (mobil listrik) di dalam negeri, pasti ke arah PHEV terlebih dahulu,” pungkas dia.

Jodie membeberkan pembicaraan mengenai perakitan lokal mobil PHEV BMW sudah berlangsung cukup lama. Pabrikan asal Jerman yang berseteru dengan Mercedes-Benz ini sampai sekarang masih mempelajarinya.

“Itu sudah perencanaan. Tapi, apakah kami (pasti) akan merakit lokal saya belum bisa berkomentar apa-apa,” lontar dia.

BMW X5 PHEV

Jodie pun menolak menanggapi pertanyaan mengenai target tahun perakitan model PHEV BMW di Indonesia.

“Belum bisa diinformasikan untuk saat ini,” tukasnya singkat sambil tersenyum kecil.

Sekadar informasi, pemerintah Indonesia berambisi membentuk pasar maupun industri kendaraan listrik beserta baterainya di Indonesia. Mereka telah menyiapkan berbagai insentif fiskal serta non-fiskal bagi konsumen hingga pabrikan yang berinvestasi.

Contohnya insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang berlaku mulai Oktober 2021.

Pada 2035, produksi mobil listrik di Tanah Air ditargetkan mencapai satu juta unit.

BMW Group sendiri sejak 2016 pernah menjual beberapa model PHEV maupun yang 100 persen baterai. Mereka memulai dari i8 Coupe, i8 Roadster, dan terakhir i3s. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang