Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Beli Solar Subsidi di 234 Kota atau Kabupaten Sekarang Pakai QR Code

Berita Otomotif

Beli Solar Subsidi di 234 Kota atau Kabupaten Sekarang Pakai QR Code

JAKARTA – Pembelian solar subsidi dengan QR code di lebih dari 200 kota atau kabupaten mulai diberlakukan.

Kebijakan yang bernama Program Subsidi Tepat itu, menurut keterangan resmi baru-baru ini, berlaku di 234 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia per 25 Mei 2023.

Sebelum Pertamina Patra Niaga sebagai penyalur BBM telah terlebih dahulu membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berhak membeli solar subsidi, untuk mendapatkan QR code. Uji coba pun sudah dilakukan.

SPBU Pertamina

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan saat ini Pertamina Patra Niaga terus mengevaluasi dan melanjutkan tren positif dari program tersebut.

“Mengingat penyaluran Solar Subsidi sudah diatur dalam Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, baik kriteria kendaraan dan volume atau kuota hariannya, maka bertahap kami berlakukan Full QR untuk Solar Subsidi. Ini adalah langkah selanjutnya untuk memastikan masyarakat terbiasa memanfaatkan QR Code-nya,” jelas Irto.

Cara pembelian dengan QR code, lanjut dia, memiliki beberapa manfaat bagi pengguna. Utamanya adalah keamanan kuota harian bagi mereka yang berhak mendapatkannya, juga mereduksi kemungkinan penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Ketika skema input nomor polisi masih diperbolehkan, banyak kejadian nomor polisi konsumen sudah digunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Full QR ini bisa menjadi jawaban, karena semua transaksi benar-benar sesuai dengan scan QR Code. Untuk keamanan ekstra, QR Code dapat direset berkala tanpa ada batas, jadi jika hilang atau curiga digunakan bisa diganti dengan QR Code baru melalui website Subsidi Tepat,” pungkasnya.

SPBU Pertamina

Daftar 234 kota atau kabupaten yang menerapkan QR code dalam pembelian solar subsidi dapat dicek melalui situs https://mypertamina.id/daftar-spbu-uji-coba-subsidi-tepat pada kolom update per tanggal 25 Mei 2023.

Pada awal penerapan QR Code, Pertamina Patra Niaga sudah menyiapkan antisipasi untuk memudahkan masyarakat. Salah satunya menyediakan titik print QR di beberapa SPBU.

“Jadi, masyarakat yang QR Code tertinggal, atau mau refresh ulang QR Code, bisa dibantu di SPBU dan bisa langsung melanjutkan transaksi pembelian Solar Subsidi,” terang Irto. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang