BBM Mahal, 2 Fitur New Xpander dan Xpander Cross Ini Bantu Mengirit Bensin

Berita Otomotif

BBM Mahal, 2 Fitur New Xpander dan Xpander Cross Ini Bantu Mengirit Bensin

JAKARTA – Harga bahan bakar minyak (BBM) sedang melambung tinggi sekarang. Mitsubishi Xpander plus Xpander Cross terbaru sendiri punya dua fitur yang bisa membantu pengemudi mengirit bensin.

Sekadar mengingatkan, model Xpander dan Xpander Cross yang dijual saat ini belum lama diperbarui.

Xpander facelift meluncur pada November 2021. Adapun Xpander Cross facelift resmi mengaspal per Agustus 2022, saat harga minyak mentah dunia serta harga BBM sedang melonjak sejak awal tahun.

Ubahan di berbagai aspek dilakukan. Namun, untungnya, dua fitur yang dapat menolong pengendara menghemat konsumsi BBM masih tetap ada.

Keduanya, menurut keterangan resmi Mitsubishi pada Senin (26/9/2022), ialah Eco Indicator serta Cruise Control.

Eco Indicator

Eco Indicator terdiri dari Eco Drive Assist maupun Eco Drive Meter yang terdapat di panel meter. Fitur tersebut juga bisa dilihat di Mitsubishi Pajero Sport.

Eco Drive Assist ditandai dengan tulisan ‘ECO’ yang menyala jika sistem mendeteksi pengemudi berkendara secara efisien. Adapun Eco Drive Meter disimbolkan dengan logo daun yang semakin terisi dengan warna hijau, seandainya cara berkendara orang di balik lingkar setir juga makin efisien.

Teknik Mengemudi Hemat BBM atau Eco Driving

Teknik mengemudi yang irit BBM alias Eco Driving sendiri pernah diajarkan oleh Mitsubishi dalam kesempatan berbeda melalui pernyataan pers.

Hal-hal yang wajib diingat ialah melaju serta berganti gigi di putaran mesin di 2.000-3.000 rpm, menjaga kecepatan secara konstan (maksimal 60-70 km per jam), menghindari akselerasi serta pengereman mendadak, kemudian menggunakan BBM dengan kualitas sesuai rekomendasi pabrikan.

Lalu, setel suhu AC di angka relatif tinggi atau bahkan mematikannya. Pastikan pula tekanan angin dalam keempat ban di level normal.

Cruise Control

Cruise Control pada Xpander serta Xpander Cross facelift bisa ditemukan pada varian-varian atas. Meski masih Cruise Control konvensional—belum Adaptive Cruise Control seperti pada Pajero Sport—fitur ini tetap mampu menjaga kecepatan mobil secara konstan dan mengurangi instabilitas tekanan pada pedal gas maupun rem.

Bedanya, Adaptive Cruise Control pada Pajero Sport dapat menyesuaikan kecepatan secara otomatis dengan kendaraan di depannya, sementara Cruise Control konvensional tidak.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia Rifat Sungkar menyatakan Cruise Control amat membantu di jalan tol. Apalagi, kini Jakarta hingga ujung Pulau Jawa sudah tersambung dengan infrastruktur tersebut.

“Cruise Control standar, walau kecepatan bisa dikunci, kewaspadaan pengemudi harus tetap ada,” ujar dia mewanti-wanti. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar