Bayi Tidur di Car Seat Bisa Sebabkan Kematian

Panduan Pembeli

Bayi Tidur di Car Seat Bisa Sebabkan Kematian

NEW YORK - Car seat selama ini sudah terbukti banyak membantu keluarga yang memiliki bayi untuk berkendara, namun jangan sembarangan menggunakannya karena bisa timbulkan bahaya.

Bayi dapat duduk dengan nyaman di tempatnya dan tidak terganggu dengan kerepotan orang tua yang biasa terjadi saat mereka berkendara. Namun, car seat rupanya sangat berbahaya bila digunakan di luar mobil.

Bila digunakan di luar mobil, untuk tidur bayi misalnya, ternyata justru dapat membuat sang bayi meninggal tercekik. Hal ini terjadi karena bila car seat diletakkan di lantai atau dasar yang rata maka posisi sandarannya akan sangat tegak. Akibatnya posisi tidur bayi akan menunduk (asphyxia) dan mencegahnya untuk dapat bernafas normal.

“Posisi asphyxia adalah ketika bayi tidur dengan posisi yang menghalanginya untuk bernafas dengan baik. Ketika car seat di mobil, posisinya akan lebih rebah 45 derajat. Posisi ini memungkinkan kepala dan leher ditopang ke belakang sehingga kepala tidak menunduk ke depan dan menghalangi jalan napas,” tutur Dr. Natalie Azar, NBC News Medical Contributor.

Bayi berusia 0 hingga empat bulan, bayi baru lahir dengan bobot di bawah berat ideal, bayi penderita hypotonia dan bayi yang duduk di kursi dengan sandaran dapat ditegakkan atau direbahkan merupakan kelompok paling rentan terhadap kondisi ini.

Di Amerika Serikat, kejadian ini terbilang cukup sering terjadi. Hal ini karena kurangnya pengetahuan orang tua atau dari sang pengasuh terkait bahaya car seat bila digunakan di luar mobil apa lagi di luar pengawasan.

Berdasarkan data dari Juvenile Products Manufacturers Association, sedikitnya ada 31 anak yang meninggal di car seat dalam empat tahun terakhir. 10 di antaranya disebabkan karena posisi tidur asphyxia. Banyaknya jumlah kematian tersebut disebabkan minimnya kesadaran orang tua untuk membaca buku petunjuk dan peringatan dari car seat.

Salah satunya adalah Mia, anak dari Lisa Smith yang meninggal di car seat tahun 2015 lalu. Lisa sebenarnya tidak pernah membiarkan anaknya untuk tidur di car seat, namun pengasuh bayinya justru melakukannya. Sang bayi dibiarkan tidur di sebuah car seat yang diletakkan di lantai sebuah kamar tanpa pengawasan.

Akibat kejadian tersebut, Lisa pun menjadi salah satu orang yang aktif untuk mengkampanyekan bahaya tidur dengan posisi asphyxia pada bayi. Ia juga berharap bahwa kejadian serupa tidak akan terulang. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar