Astra Otoparts Catat Pendapatan Bersih Rp 12,8 Triliun pada 2016

Berita Otomotif

Astra Otoparts Catat Pendapatan Bersih Rp 12,8 Triliun pada 2016

JAKARTA – PT Astra Otoparts Tbk membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 12,8 triliun, meningkat 9,2 persen dibandingkan tahun lalu.

Kemarin (12/04/20017), Astra Otoparts menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan, atau biasa disebut RUPST dengan agenda pertama laporan tahunan. Sementara agenda kedua berupa penetapan penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2016. Kemudian agenda ketiga adalah pergantian struktur direksi dan dewan komisaris perseroan. Dilanjutkan agenda keempat membahas penunjukkan kantor akuntan publik untuk melakukan audit terhadap laporan keuangan perseroan.

Sepanjang 2016, PT Astra Otoparts Tbk membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 12,8 triliun. Hal ini meningkat 9,2 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni Rp 11,7 triliun. Dikatakan dalam siaran persnya, peningkatan tersebut disumbang oleh peningkatan segmen pasar OEM sebesar 7,6 persen.

Adapun peningkatan penjualan suku cadang pengganti (REM) pada segmen usaha perdagangan sebesar 11,2 persen. Pada perdagangan international (ekspor) segmen ini juga mengalami pertumbuhan sebesar 5,4 persen pada 2016.

Peningkatan pendapatan bersih PT Astra Otoparts pada segmen usaha manufaktur, terbantu oleh adanya peningkatan permintaan pada kendaraan bermotor roda empat dan suksesnya peluncuran beberapa model baru. Sementara peningkatan di segmen REM, didukung dengan penambahan jangkauan distribusi nasional yang terus berkembang. Perseroan juga menikmati tambahan pendapatan dari jaringan distribusi ritel modern shop&drive yang semakin dikenal masyarakat.

Laba bruto pada 2016 mengalami peningkatan menjadi Rp 1,9 triliun atau meningkat sebesar 7,1 persen dibandingkan pada 2015 sebesar 1,7 triliun. Peningkatan ini dinyatakan sebagai hasil dan upaya dan strategi manajemen perseroan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi di semua lini produksi/operasional perseroan.

Rapat umum pemegang saham terbatas PT Astra Otoparts kali ini mengganti anggota komisaris dari Johnny Darmawan menjadi Gunawan Geniusahardja. Adapun pada perusahaan tersebut juga menunjuk salah satu kantor akuntan publik di Indonesia yang terafiliasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual