Almaz RS, ‘Surat Tantangan’ Terbaru Wuling untuk SUV-SUV Menengah Atas

Berita Otomotif

Almaz RS, ‘Surat Tantangan’ Terbaru Wuling untuk SUV-SUV Menengah Atas

JAKARTA – Wuling Almaz RS resmi dijual seharga masih Rp300 jutaan. Harganya jauh di bawah jejeran sport utility vehicle (SUV) menengah ke atas, tapi fitur – fiturnya tak kalah mentereng dan canggih, bahkan lebih lengkap.

Almaz RS resmi diperkenalkan di pasar Indonesia pada Senin (29/3/2021). Dengan kehadirannya, varian maupun rentang harga SUV bermesin 1.5-liter turbo yang pertama kali hadir di Tanah Air pada awal 2019 ini makin beragam.

Harga Almaz tipe terendah, per Maret 2021 menurut situs Wuling Indonesia, adalah Rp269,8 juta on the road Jakarta. Sementara, tipe tertingginya yaitu Almaz RS Pro 7-Seaters ketika meluncur hanya Rp354,8 juta.

Wuling menonjolkan kecanggihan Almaz RS, yang berbagai fungsinya bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan smartphone berkat teknologi Internet of Vehicle. Terdapat pula berbagai fitur bantuan pengemudian semiotonom.

Fitur Voice Command berbahasa Indonesia masih pula terlihat. Pembahasan harga dan fitur - fitur lengkap Almaz RS bisa Anda baca pada tautan ini.

Jika melihat dimensi maupun spesifikasi mesin, Almaz bisa diperbandingkan di kelas SUV medium-high (menengah atas). Akan tetapi, Almaz RS lebih mentereng dari sisi fitur dan jauh lebih murah dari SUV – SUV medium-high yang harganya bisa mencapai lebih dari setengah miliar rupiah.

Banderol Almaz RS masih berada di tataran SUV - SUV medium seharga Rp300 - 400 jutaan.

Seluruh varian Almaz melanjutkan strategi Wuling sejak mulai berjualan di Nusantara pada 2017: harga jauh lebih rendah dari kompetitor tapi menawarkan fitur melebihi segmennya. Dengan perpaduan banderol dan fitur – fiturnya, Almaz menyenggol banyak segmen, mulai dari SUV murah Rp200 jutaan sampai SUV menengah atas yang lebih dari setengah miliar rupiah.

Ini diakui eksekutif Wuling di Tanah Air.

“Tadi yang Anda singgung menyepak kiri, menyepak kanan, menyepak atas, menyepak bawah memang seru, sih. Skenario apa di balik itu, biar kami (simpan) dulu,” ucap Harry Kamora, Sales Director PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers peluncuran Almaz RS.

Almaz RS, menurut dia, ditargetkan laku 1.000 unit per bulan. Total target penjualan Almaz seluruh varian adalah 1.500 unit per bulan.

Ketika disinggung mengenai harganya yang jauh lebih murah daripada kompetitor, Harry menyebut konsep produksi ‘cost leadership’ dari Wuling. Ini Harry sebut salah satu modal Wuling berani menantang banyak pemain mapan dari Jepang dengan strategi di atas.

Sebagai informasi, sekitar 84 persen pasar Indonesia pada 2020 dikuasai lima merek Jepang. Mereka adalah Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi.

“Kalau Anda pernah datang ke pabrik Wuling, lihat deh, semua di satu lokasi. Semua vendor (komponen) di sana. Akibatnya tidak harus pakai ekspedisi antar barang ini – itu. Dari sisi ongkos transportasinya sendiri sudah tereduksi banyak sekali,” ujar Harry. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar