All-New Toyota Camry Masih Incar Para Pejabat

Berita Otomotif

All-New Toyota Camry Masih Incar Para Pejabat

JAKARTA – Toyota Camry generasi terbaru masih bergantung pada penjualan fleet, salah satunya ke institusi-institusi pemerintahan untuk dijadikan mobil dinas para pejabat.        

All-New Camry mengaspal di Indonesia pada Selasa (8/1/2019) dan dijual seharga Rp 613 juta – 806 juta on-the-road Jakarta untuk varian G, V, Hybrid. Di generasi kedelapan, desainnya menjadi lebih agresif dengan fitur-fitur makin canggih serta aman.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan bahwa pemosisian Camry di Indonesia berbeda dengan di pasar luar negeri. Sebagai contoh, di Amerika Serikat Camry merupakan mid-size sedan sedangkan di Indonesia Camry diposisikan lebih sebagai sedan kelas menengah ke atas yang digunakan para eksekutif perusahaan atau pejabat.

Desain All-New Camry yang lebih agresif dan rasa berkendara lebih baik berkat platform Toyota New Global Architecture (TNGA) diharapkan dapat membuat pengguna dengan profil  eksekutif perusahaan berusia di bawah 40 tahun menjadi lebih banyak. Meski demikian, Toyota merasa komposisi penjualan retail maupun fleet dari Camry terbaru tak akan berubah.

“Komposisinya hampir 50 – 50 untuk retail dan fleet,” ujar Anton.

Toyota juga tetap menjadikan konsumen dari sektor pemerintahan sebagai incaran utama.

“Pemerintahan ada beberapa cara untuk membeli kendaraan. Salah satunya sekarang adalah melalui e-Catalogue. Pada dasarnya kami mendaftarkan hampir semua mobil di sana, nanti konsumen pemerintahan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bisa memilih dari sana,” tandas dia lagi.

Tipe yang paling banyak terjual sendiri, berdasarkan rekam jejak Camry terdahulu, adalah tipe pertengahan yaitu V. Selanjutnya adalah tipe G serta Hybrid.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari – November 2018 menunjukkan penjualan wholesales 724 unit. Sebanyak 554 unit atau 76,52 persen disumbangkan oleh tipe V, sedangkan G serta Hybrid masing-masing menyumbang 146 unit (20,17 persen), 24 unit (3,31 persen). Camry menjadi pemimpin di segmen medium sedan dengan pangsa pasar di atas 50 persen.

Anton tidak menjabarkan berapa perbandingan konsumen perusahaan swasta dengan institusi pemerintahan di penjualan fleet. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support