All New Honda BR-V Rakitan Indonesia akan Dijual di Lebih dari 30 Negara

Berita Otomotif

All New Honda BR-V Rakitan Indonesia akan Dijual di Lebih dari 30 Negara

JAKARTA – Tahun depan, belasan ribu unit All New Honda BR-V rakitan Indonesia mulai diekspor ke puluhan negara.

All New BR-V menjalani debut globalnya di Indonesia melalui seremoni peluncuran virtual pada Selasa (21/9/2021). Produksinya dilakukan di pabrik Honda yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat mulai akhir tahun ini, dengan pengiriman kepada konsumen mulai awal tahun fiskal 2022.

Oleh karena itulah, Honda baru bisa memberikan estimasi harganya, yakni mulai sekitar Rp260 juta.

Selain pasar domestik, merek mobil asal Jepang tersebut juga akan pula mengekspor All New BR-V secara utuh (Completely Built Up/CBU) ke banyak negara lain.

“Kami memang berencana melakukan ekspor All New BR-V ini ke lebih dari 30 negara,” beber Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor Yusak Billy dalam konferensi pers virtual.

All New Honda BR-V 2021

BR-V generasi kedua mengalami pembaruan signifikan dari sisi platform, mesin, maupun desain eksteriornya. Fitur-fiturnya makin canggih pula.

Daftar fitur canggihnya terdiri dari Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, Honda LaneWatch, Smart Entry System, sampai dengan teknologi keselamatan aktif Honda Sensing.

Honda Sensing pada BR-V termutakhir terdiri dari Lead Car Notification Departure System, Lane Keeping Assist System, Collision Mitigation Brake System, Auto High Beam, Road Departure Mitigation System, dan Adaptive Cruise Control.

Ekspor 11 Ribu All New Honda BR-V pada 2022

Lebih lanjut, pasar luar negeri yang diincar All New Honda BR-V rakitan Indonesia bukan hanya negara-negara Asia. Ada juga negara-negara di kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, Amerika Utara, sampai dengan Afrika.

Salah satu negara tujuan ekspor sport utility vehicle (SUV) ini kelak yang sudah dibocorkan oleh Billy adalah Meksiko.

All New Honda BR-V 2021

“Rencana kami, (volume ekspor All New BR-V) masih sekitar 11 ribu unit pada tahun fiskal pertama, kemudian disesuaikan secara bertahap sesuai dengan kondisi masing-masing negara tujuan,” papar dia lagi.

Saat ini, Honda baru mengekspor CBU satu model rakitan Indonesia, yaitu Brio. City car ini mulai dikapalkan ke luar negeri pada awal kuartal kedua 2019.

Namun, negara tujuannya masih sangat sedikit. Honda Brio rakitan Indonesia baru dijual di dua negara yakni Vietnam maupun Filipina. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar