Hadirkan Low MPV Murah, Strategi Renault di Indonesia Mirip Wuling

Berita Otomotif

Hadirkan Low MPV Murah, Strategi Renault di Indonesia Mirip Wuling

JAKARTA - Renault menolak disebut meniru cara bersaing merek mobil China di Indonesia, dengan rencana mereka membawa model yang satu segmen dengan Toyota Avanza tapi seharga Toyota Calya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Renault memastikan bakal meluncurkan low multi purpose vehicle (LMPV) bernama Triber di Indonesia. Debut pertamanya di Tanah Air akan terjadi dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, 18 - 28 Juli di Serpong.

Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT. Maxindo Renault Indonesia, mengatakan pihaknya bakal mengusahakan harga Triber di negeri ini nantinya setara dengan mobil-mobil low cost green car (LCGC), yang tentu saja antara lain diisi oleh Calya. Siasat pemosisian harga menyenggol segmen di bawahnya ini sendiri mengingatkan dengan strategi merek-merek mobil China, seperti Wuling Confero. Tapi, Davy menolak disamakan.

“Kompetitor yang tadi Anda sampaikan tadi itu mungkin melulu di pricing. Kalau kami di Renault, kami akan mendemokratisasi kenyamanan dan keselamatan di segmen LMPV dengan harga terjangkau,” tandasnya meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam media gathering beberapa waktu lalu di Jakarta.

Belum dibeberkan bagaimana spesifikasi detail plus fitur Triber untuk pasar Indonesia nanti. Davy cuma mengklaim model ini kelak punya fitur yang unggul di sektor kenyamanan serta keselamatan.

Jika diamati, mobil-mobil China pun sebenarnya tidak hanya ‘bermain’ di urusan harga. Mereka memberikan pula fitur lebih banyak di beragam aspek, dengan kualitas produk yang diklaim baik pula. Bagaimana pun, perbedaan maupun kemiripan strategi keduanya baru bisa benar-benar terlihat ketika Triber akhirnya hadir di sini.

Triber bakal diimpor secara utuh (Completely Built-Up/CBU) terlebih dahulu dari India. Peluncurannya di ‘Negeri Hindustan’ akan terjadi pada 19 Juni.

“Kalau teman-teman lihat teaser-teaser yang sudah jalan di negara asalnya, yang mereka jual kan kelegaan kabin dan konfigurasi tempat duduk. Kalau saya di sini bahasakannya adalah mendemokratisasi kenyamanan dan keselamatan di segmen LMPV harga terjangkau. Itu strateginya,” tandas Davy.

Triber, berdasarkan penelusuran dari beragam media massa India, Triber bakal menggunakan platform yang sama dengan Renault Kwid maupun Datsun Redi-Go. Seperti diketahui, Renault dan Nissan menjalin aliansi sehingga bisa berkolaborasi semacam ini.

Mesinnya terdiri dari dua pilihan. Satu adalah mesin bensin 1.2-liter milik March, sedangkan lainnya adalah 1.0-liter turbo. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support